Puncak Milad ke 15, UMRI Luncurkan Buku dan Aplikasi Baru Hingga Berikan Reward Umroh
Cari Berita

Advertisement

Puncak Milad ke 15, UMRI Luncurkan Buku dan Aplikasi Baru Hingga Berikan Reward Umroh

Jumat, 16 Juni 2023

 

Suasana Sidang Senat Milad ke 15 Universitas Muhammadiyah Riau

PEKANBARU, PARASRIAU.COM - Momen peringatan milad Universitas Muhammadiyah (Umri) ke 15, diawali dengan sidang senat terbuka, Jumat (16/6) di Aula  Gedung Serba Guna KH Ahmad Dahlan. Dalam sidang tersebut juga digelar peluncuran buku 15 th Anniversary dan buku biografi M Nasir "Sang Penggugah dari Riau serta peluncuran empat sistem aplikasi Umri. 


Sidang senat yang dihadiri seluruh civitas dan mahasiswa tersebut terasa meriah dan haru. Pasalnya, pada momen tersebut juga turut diberikan reward berupa umroh kepada dosen, tenaga pendidik, cleaning service dan juga media center Umri. Tidak hanya itu saja, dalam momen tersebut juga turut diumumkan pemenang dari berbagai rangkaian perlombaan yang digelar sebelum acara puncak milad. 


Dikatakan Rektor Umri, Saidul Amin bahwa dalam perayaan Milad kali ini digelar berbeda dari sebelumnya, karena banyak digelar rangkaian kegiatan, mulai dari tasyakuran Milad, buka puasa, santunan anak yatim, lomba content creative tentang Umri, lomba memasak, lomba permainan tradisional, lomba foto booth kreasi milad, dan lomba pidato al Islam Kemuhammadiyahan. 


"Tahun ini untuk pertama kalinya, Umri memberikan apresiasi kepada sejumlah dosen, karyawan dan media center berupa Umrah gratis. Kita harap program ini nantinya akan tetap berlanjut dan bisa bertambah lagi jumlah yang yang mendapatkannya,"ungkap Saidul. 

Rektor bersama para penerima Reward Umroh

Dijelaskannya, sesuai dengan tema yang diusung "Toward Smart University, tentunya diharapkan Umri sebagai salah satu Universitas di Riau bisa terus menciptakan generasi muda yang beriman, berilmu dan berdaya saing baik di kancah regional, nasional maupun internasional. 


Kedepan Umri diharapkan bisa lebih fokus terhadap urusan internalisasi dan internasionalisasi. Begitupula halnya, seluruh civitas dan alumni bisa menjadi kader Muhammadiyah yang progresif dan adaptif, yang mampu menerapkan nilai Al-Islam Kemuhammadiyahan dalam setiap bidang kehidupan dan keilmuannya,"jelasnya. 


"Meski banyak tantangan yang harus dihadapi, namun Umri harus bisa menorehkan prestasi yang dapat membanggakan setiap tahunnya,"harapnya. 


Tidak hanya itu saja, puncak milad ke 15 Umri juga diisi dengan orasi ilmiah dengan menghadirkan Deputi Rektor untuk Hubungan Internasional dan Alumni Fatoni University, Prof Sukree Langputeh. Dalam orasinya, Sukree mengatakan selama ini UMRI dan Fatoni University memiliki hubungan yang sangat bagus. Dirinya berharap, kerjasama tersebut bisa terus berlanjut dan makin berkembang ke arah yang lebih baik.


"UMRI ini unik, karena berbeda dengan kampus-kampus Muhammadiyah lain yang ada di Indonesia. Saat ini kita sudah menjalin kerjasama dengan UMRI, nanti kita akan perluas lagi karena masih ada 4 universitas lain yang ada di Provinsi Pattani Raya. Melalui pintu Thailand, nantinya bisa membawa anak-anak mahasiswa UMRI masuk ke daerah Laos asal mereka bisa berbahasa Thailand," ucap Sukree.


Sementara itu, Petugas Kebersihan UMRI yang mendapatkan reward Umroh, Komala Sari mengungkapkan, dirinya merasa sangat bersyukur atas apresiasi yang diberikan pihak UMRI. Tidak pernah terlintas dibenaknya, bisa berangkat Umroh secara gratis karena dibiayai sepenuhnya oleh UMRI.


"Dari 30 petugas kebersihan yanga ada di UMRI, saya diseleksi dan akhirnya tersisa sebanyak 10 orang. Alhamdulillah, saya merasa senang dan bahagia karena bisa terpilih dan mendapatkan reward Umroh. Meski keinginan untuk Umroh ada, namun kondisi keuangan belum memungkinkan untuk saya berangkat. Kini semuanya terwujud di momen Milad ke-15 UMRI," sebut Komala haru. 


Begitupula halnya, dikatakan Ratih Harisa salah seorang perwakilan dari Media Center dari media iniriau.com mengungkap rasa bahagianya karena mendapatkan kesempatan untuk bisa ketanah suci. Dirinya berharap, program ini nantinya bisa terus berlanjut dan bisa bertambah dari 1 jadi 2. Ia juga berharap semoga UMRi terus berkembang dan maju serta lebih dikenal dikancah internasional,"pungkasnya. (nie)