PPLN Praha Sosialisasi Pemilu 2024, 5 Menit untuk 5 Tahun
Cari Berita

Advertisement

PPLN Praha Sosialisasi Pemilu 2024, 5 Menit untuk 5 Tahun

Kamis, 29 Juni 2023

PPLN Praha Sosialisasi Pemilu 2024, 5 Menit untuk 5 Tahun


PRAHA, PARASRIAU.COM - Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Praha, Rabu (28/6/2023) menyelenggarakan kegiatan sosialisasi Pemilu 2024. 


"Bersamaan dengan kegiatan sholat Idul Adha yang bertempat di Wisma Duta Republik Indonesia, sosialisasi dilakukan pada saat acara ramah tamah di hadapan ratusan warga Indonesia yang tinggal di Republik Ceko," ungkap Duta Besar RI untuk Republik Ceko, Kenssy D. Ekaningsih dalam rilis yang diterima redaksi Parasriau, Kamis (29/6/2023).


Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, Sholat Idul Adha di Wisam Duta tahun ini diselingi dengan acara sosialisasi untuk Pemilu 2024. 


Dijelaskannya, Panitia Pemilihan Luar Negeri yang terdiri dari 3 orang hasil dari seleksi warga negara Indonesia yang tinggal di Republik Ceko dibantu oleh tim sekretariat dari Kedutaan Besar Republik Indonesia yang berjumlah 2 orang telah melakukan pekerjaannya selama kurang lebih 4 bulan sejak Februari 2023.


"Mereka melakukan Pendataan juga Pencocokan data warga negara Indonesia yang berada di Republik Ceko untuk kemudian data tersebut diserahkan kepada KPU di Jakarta guna dicatat sebagai Daftar Pemihil Tetap Pemilu mendatang," jelasnya.


Lanjutannya, Panitia Pemilihan Luar Negeri wilayah kerja Republik Ceko telah melakukan rapat pleno pada 21 Juni 2023 lalu dan menetapkan 383 Daftar Pemilik Tetap. 


Dan pada kesempatan sosialisai kali ini, katanya, PPLN fokus memberikan informasi tentang jenis pemilih, pemilih pemilih dan metode pemilihan yang ditawarkan untuk memberikan suara pada pemilu 2024. 


Pada kesempatan sosialisasi ini, Duta Besar RI untuk Republik Ceko, 


Ditambahkan Kenssy D. Ekaningsih, jumlah pemilih di Republik Ceko ini meningkat hampir 2 kali dari pemilu sebelumnya di 2019. Hal ini menunjukkan bahwa semakin banyak warga Indonesia yang tinggal di Republik Ceko. 


“Gunakan 5 menit saudara untuk 5 tahun mendatang untuk membuat Indonesia lebih baik” tegas Dubes Kenssy.


Pemilu 2024 akan diselenggarakan tepat di hari kasih sayang 14 Februari 2024 untuk wilayah Dalam Negeri. Sementara Luar Negeri memberikan kelonggaran waktu dapat melaksanakan Pemilu sebelum tanggal Pemilu di Indonesia dengan mengikuti peraturan perundang-undangan yang berlaku.


Warga Negara Indonesia yang hadir pada sosialisasi kali ini diminta berperan aktif juga untuk mengecek data diri mereka secara mandiri melalui https://cekdptonline.kpu.go.id untuk memastikan data mereka sudah tercatat di Daftar Pemilih Tetap baik di dalam negeri maupun luar negeri tempat mereka tinggal. Karena hal ini akan memudahkan mereka untuk mengajukan permohonan formulir model A5 jika akan melakukan perubahan terkait domisili juga metode pemilihan.(*/pr2)


Editor: M Ikhwan