KPU Riau Gelar Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih Bagi Perempuan dan Disabilitas
Cari Berita

Advertisement

KPU Riau Gelar Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih Bagi Perempuan dan Disabilitas

Selasa, 27 Juni 2023

KPU Riau Gelar Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih Bagi Perempuan dan Disabilitas


PEKANBARU, PARASRIAU.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau, Senin (26/6) melaksanakan Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih kepada Pemilih Perempuan dan Disabilitas yang digelar di Ballroom Hotel Pangeran Pekanbaru. Adapun pesertanya merupakan perwakilan perempuan dari beberapa organisasi dan perwakilan dari perkumpulan penyandang disabilitas yang ada di Pekanbaru.


"Kegiatan tersebut dilaksanakan mengingat pentingnya inklusi dan partisipasi yang merata dalam proses demokrasi. KPU Riau secara aktif telah memperhatikan kelompok-kelompok pemilih yang seringkali mengalami hambatan dan tantangan dalam berpartisipasi dalam Pemilu," ungkap Ketua KPU Riau, Ilham Muhammad Yasir dalam sambutannya pada pembukaan kegiatan sosialisasi tersebut.


Dijelaskannya, kegiatan ini juga digelar sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan mereka tentang pentingnya Pemilu dan peran mereka sebagai pemilih. 


“Mengingat pentingnya program sosialisasi dan pendidikan pemilih ini, kami melakukan pendekatan yang inklusif dan mengakomodasi kebutuhan khusus pemilih perempuan dan disabilitas. Dalam hal ini, KPU Riau bekerjasama dengan organisasi masyarakat dan kelompok penyandang disabilitas untuk memberikan perhatian terhadap pemilih perempuan dan difabel,” ungkap Ilham.


Lanjutnya, KPU Riau berkomitmen untuk selalu memberikan informasi-informasi tentang pemilu kepada kawan-kawan pemilih perempuan dan disabilitas. Hal ini tidak dilakukan sekarang saja, tapi sudah dimulai dari Pemilu-pemilu terdahulu.


Sosialisasi dan pendidikan pemilih yang digelar di Ballroom Hotel Pangeran Pekanbaru tersebut menghadirkan narasumber Akademisi Universitas Islam Riau, Dr. Panca Setyo Prihatin, S.IP, M.Si dan Ketua Pusat Study Gender dan Anak (PSGA) Universitas Islam Sutan Syarif Kasim Dr. Mustiqowati Ummul Fithriyyah, M.Si dan Anggota KPU Riau Nugroho Noto Susanto. (*/pr1)