Kemenag Riau Serahkan Sertifikasi Halal Kantin MAN 2 Pekanbaru
Cari Berita

Advertisement

Kemenag Riau Serahkan Sertifikasi Halal Kantin MAN 2 Pekanbaru

Jumat, 16 Juni 2023

 

Penyerahan Sertifikasi halal oleh Plh Kakankemenag Riau, kepada pengelola kantin MAN 2 Pekanbaru

PEKANBARU, PARASRIAU.COM - Kemenag Riau serahkan 8 Sertifikasi Halal kantin MAN 2 Pekanbaru. Penyerahan sertifikasi halal tersebut diserahkan oleh Plh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau Dr. H. Muliardi, MA kepada pengguna kantin, Jumat (16/6).


Turut menyaksikan penyerahan sertifikasi tersebut Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Pekanbaru Drs. H. Syahrul Mauludi, MA dan Kepala Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Pekanbaru Ghafardi, MA. Turut dihadiri Majelis Guru, Karyawan, Pengurus Komite dan Siswa Madrasah Aliyah Negeri 2 Pekanbaru.


Dalam arahannya Plh. Ka. Kanwil mengatakan salah satu program prioritas Kementerian Agama adalah Percepatan Sertifikasi Halal. Saat ini dilakukan giat memperbanyak atau menumbuhkembangkan program sertifikasi halal bagi kantin yang ada di bawah naungan Kementerian Agama. 


“Kantin yang berada dibawah Kementerian Agama wajib memiliki sertifikiasi halal. Alhamdulillah pada hari ini dari BPJPH telah merekomendasikan kantin – kantin yang ada sudah bersertifikat halal dan layak jadi tempat untuk berbelanja,"ujarnya. 


Lebih lanjut Muliardi menyampaikan saat ini BPJPH kementerian Agama sedang menggesa 1 juta kuota bagi pelaku usaha mikro kecil (UMK) untuk mendapatkan sertifikasi halal gratis (SEHATI). 


Sementara itu, Kepala Kemenag Kota Pekanbaru mengatakan sertifikasi ini salah satu awal yang baik itu dimulai dari makanan baik. Penyerahan sertifikat kantin halal wujudkan kepedulian Kementerian Agama menjadi garda terdepan dalam permasalahan halal. 


“Kami memberikan apresiasi kepada MAN 2 Pekanbaru yang telah menindak lanjuti kebijakan Kementerian Agama. Kita juga terus mendukung dan mensuport ketika produk untuk mensertifikati halal ini bisa dilaksanakan,"paparnya.  


Dikesempatan yang sama Kepala MAN 2 pekanbaru, Ghafardi mengatakan sertifikasi halal Sesuai aturan Undang-undang Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal, pada 17 Oktober 2024 mendatang akan diterapkan kewajiban sertifikasi halal untuk tiga jenis produk, salah satunya makan dan minuman. 


"Tentu kita menyambut baik apa yang telah di programkan oleh Kementerian Agama, dengan berbagai upaya dalam mensukseskannya. Hal ini dengan ditunjukkan pada penyerahan sertifikasi halal kantin MAN 2 Pekanbaru hari ini. Saya minta Siswa jangan ragu lagi untuk berbelanja di kantin, jangan lagi memesan makanan dari luaran,"ungkapnya. 


Pada kesempatan tersebut plh. Ka. Kanwil Kemenag Riau, Ka. Kan Kemenag Kota Pekanbaru, kepala Madrasah meninjau langsung kantin yang menjual makanan harian untuk keluarga besar Madrasah Aliyah Negeri 2 Pekanbaru. (nie)