Haggilsyah Ifan dan Julia Tri Liasta Terpilih sebagai Duta GenRe Riau 2023
Cari Berita

Advertisement

Haggilsyah Ifan dan Julia Tri Liasta Terpilih sebagai Duta GenRe Riau 2023

Jumat, 02 Juni 2023

 

Kepala Perwakilan BKKBN Riau, Mardalena Wati Yulia bersama para pemenang Duta Genre Riau tahun 2023, Rabu (31/5) di Grand Central Hotel Pekanbaru

PEKANBARU, PARASRIAU.COM - Setelah melalui proses final yang berlangsung Rabu malam (31/5), pasangan Haggilsyah Ifan dan Julia Tia Liasta akhirnya terpilih sebagai duta Generasi Berencana (GenRe) propinsi Riau tahun 2023. 


Haggilsyah yang merupakan finalis dari Dumai dan Julia merupakan finalis dari Inhil ini berhasilkan menyisihkan 24 rekan finalis dari kabupaten kota di propinsi Riau. Dimana masing-masing kabupaten kota mengirimkan 2 orang finalis dalam ajang Duta Genre Award 2023, di Hotel Grand Central Pekanbaru. 


Ketua Pelaksana sekaligus Kepala Perwakilan BKKBN Riau, Mardalena Wati Yulia menuturkan kegiatan kegiatan Genre Riau Award tahun 2023 merupakan puncak pemilihan Duta Genre tingkat Provinsi Riau tahun 2023, sesuai dengan amanah Undang-Undang nomor : 52 Tahun 2009, tentang Perkembangan Kependudukan dan 



Pembangunan Keluarga bahwa kebijakan pembangunan keluarga melalui pembinaan ketahanan dan kesejahteraan keluarga yakni dengan cara meningkatkan kualitas remaja, pemberian akses informasi, pendidikan konseling dan pelayanan tentang kehidupan berkeluarga, melalui pembinaan ketahanan keluarga remaja dan pembinaan pusat informasi dan konseling remaja (PIK-R). 


"Selamat kepada Duta Genre terpilih, diharapkan Duta GenRe terpilih dapat menjadi Figur yang terampil dan berkarakter dan bertaqwa kepada Tuhan YME, dan juga akan mewakili provinsi Riau dalam pemilihan duta genre tingkat nasional,"ungkap Mardalena. 


Dalam kesempatan itu, Gubernur Riau, H Syamsuar saat memberikan sambutan dalam acara final mengatakan diharapkan Duta Genre terpilih nantinya bisa menjaga nama baik propinsi Riau dan bisa mengulang keberhasilan Provinsi Riau pada tahun 2022 sebagai Juara I tingkat nasional. Serta menjadi roll model bagi teman-teman sebayanya, dan mensosialisasikan Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana di Provinsi Riau, juga aktif ikut mensosialisasikan pencegahan stunting dari hulu yaitu dari usia remaja, sehingga percepatan penurunan stunting di Provinsi Riau dapat terlaksana dengan baik, dan sesuai harapan.

Para Duta Genre Riau tahun 2023

Adapun duta Genre yang berhasil meraih juara yakni, untuk kategori putra, juara 1 diraih oleh Haggil Syah Ifan dengan nomor peserta 21 berasal dari Dumai, juara 2 diraih oleh Farhan Hajid dengan nomor peserta 01 berasal dari Bengkalis, dan juara 3 diraih oleh Syahzidan Septian dengan nomor peserta 23 berasal dari Pekanbaru. 


Sedangan harapan 1 diraih oleh M Daffa Mixsie dengan nomor peserta 11 dari Pelalawan dan harapan ke 2 diraih oleh Devon Anugrah dengan nomor peserta 09 dari Kuantan Singingi. 


Untuk kategori Putri, juara 1 diraih oleh Julia Tri Liasta dengan nomor perserta 04 berasal dari Indragiri Hilir, juara ke 2 diraih oleh Natasyabrina dengan nomor peserta 10 dari Kuantan Singingi, dan juara 3 diraih oleh Melati W dengan nomor peserta 16 berasal dari Rokan Hulu. Sedangkan untuk kategori harapan 1 diraih oleh Fazzilatunnisa dengan nomor peserta 20 dari Kepulauan Meranti dan harapan 2 diraih oleh Revina Jasmawarni dengan nomor peserta 02 dari Bengkalis. (nie)