Kolaborasi dengan UTP Malaysia, UIR Laksanakan Program Chemistry Explorace Tentative
Cari Berita

Advertisement

Kolaborasi dengan UTP Malaysia, UIR Laksanakan Program Chemistry Explorace Tentative

Selasa, 09 Mei 2023

Kolaborasi dengan UTP Malaysia, UIR Laksanakan Program Chemistry Explorace Tentative.


PEKANBARU, PARASRIAU.COM - Universitas Islam Riau (UIR) berkolaborasi bersama Universitas Teknologi Petronas (UTP) Malaysia dalam program Chemistry Explorace Tentative.


Chemistry Explorace Tentative merupakan salah satu bentuk kegiatan station-to-station yang dilakukan oleh siswa SMA tentang percobaan di bidang Kimia. Adapun siswa yang terlibat dalam kegiatan ini berasal dari siswa SMK Teknologi Riau dan SMK Bumi Melayu Riau.


Dosen pembimbing kegiatan Ayyi Husbani ST MT menjelaskan, terdapat sekitar 5 stasiun yang tersedia. Di mana setiap stasiun akan melakukan sekitar dua percobaan. Sehingga memiliki total 10 percobaan. Percobaan yang dilakukan tidak rumit mengenai bahan kimia secara mudah untuk mencari fakta. Eksperimen yang sedang dilakukan ini akan memicu minat dan keingintahuan para siswa.


“Kegiatan ini tentunya sangat menyenangkan dan membuka wawasan siswa. Melalui eksperimen yang ada akan mengenalkan bagaimana teknologi yang ada di UIR ataupun UTP kepada siswa SMK yang ada di Riau,” sebut Ayyi Husbani ST MT saat diwawancarai secara langsung, Selasa (5/9/23).


Terdapat 4 eksperimen dalam program Chemistry Explorace Tentative ini. Yakni terdiri dari Lampu Lava Larutan Telur dalam Kepadatan Berbeda, Gunung Berapi Meledak, Model Molekuler 3D, Konduktivitas Listrik Bahan Berbasis Elektrokimia.


"Platform ini akan memberikan kesempatan untuk memperluas pengetahuan kimia siswa. Karena mereka akan memiliki pengetahuan dasar kimia. Diharapkan eksplorasi Kimia ini mampu meningkatkan jumlah siswa di masa yang akan datang dalam melanjutkan studi di bidang Kimia," harap Ayyi Husbani.(*)


Editor: M Ikhwan