Capella Honda Rangkul SMP Negeri 10 Tapung #Cari_Aman saat Boncengan
Cari Berita

Advertisement

Capella Honda Rangkul SMP Negeri 10 Tapung #Cari_Aman saat Boncengan

Jumat, 26 Mei 2023

Para siswa berfoto bersama usai kegiatan edukasi safety ridding

KAMPAR, PARASRIAU.COM – PT Astra Honda Motor (PT AHM) dan PT Capella Dinamik Nusantara (PT CDN) Main Dealer Honda wilayah Riau kembali menggelar Edukasi Safety Riding. Kegiatan edukasi safety riding kali ini diadakan di SMP Negeri 10 Tapung yang beralamat di Jl. Garuda Sakti kilometer 7 Desa Karya Indah Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Kegiatan ini diadakan dengan mengankat tema “Generasi #Cari_aman” diikuti oleh 70 peserta didik kelas VIII.

H. Nasrun Wagiman, S. Pd, Kepala Sekolah SMP Negeri 10 Tapung pada saat membuka acara menyampaikan jika di tinjau dari aturan, siswa belum boleh membawa sepeda motor di jalan raya karena belum memenuhi syarat. Dikarenakan kondisi tertentu seperti sarana transportasi umum dan jarak yang jauh ke sekolah, beberapa siswa ada yang membawa sepeda motor ke sekolah untuk pulang pergi menuntut ilmu ke sekolah.

“Harapannya dengan adanya kegiatan ini peserta lebih paham tentang aturan lalu lintas dan kedepannya bisa memberikan pengertian kepada orang tuanya agar pergi sekolah diantar oleh orang tua demi terhindar dari bahaya dijalan saat pergi dan pulang sekolah” ujarnya.

Steven Instruktur Safety Riding PT CDN Riau pada saat sesi materi menyampaikan, sepeda motor di produksi untuk mengangkut  maksimal 2 penumpang. Jika lebih, beresiko. Pada saat berboncengan pastikan penumpang paham bagaimana postur berboncengan yang aman karena resiko pengendara dan pembonceng adalah sama.

Kemudian memaparkan tips berboncengan yang aman dan nyaman diantaranya, pertama pengendara dan penumpang wajib menggunakan riding gear lengkap untuk meminimalisir efek negatif saat kecelakaan. Kedua, penumpang wajib memegang erat si pengendara, pastikan lutut menjepit erat pengendara dan posisi kaki berada di pijakan kaki yang seharusnya. Ketiga, pastikan waspada saat di bonceng. Pandangan penumpang agak menoleh ke depan   ke arah jalan yang dituju agar bisa bersiap terhadap potensi bahaya yang akan terjadi. Karena resiko penumpang sama dengan pengendara, biasakan lah berboncengan yang benar agar kita selamat saat diperjalanan.

“Usai penjelasan terkait tips berboncengan yang aman dan nyaman harapannya para pelajar yang setiap harinya dibonceng dapat menerapkan tips-tips tersebut dengan memastikan selalu #cari_aman saat dijalan”, ujarnya.

Di akhir acara diadakan kuis berhadiah, dan bagi peserta yang bisa menjawab pertanyaan dengan benar diberikan hadiah. Acara berjalan dengan seru, peserta terlihat antusias terutama pada saat sesi demo berboncengan dan sesi kuis berhadiah.

“Terima kasih Honda, acaranya sangat seru. Kami senang mengikuti edukasi keselamatan berkendara yang disampaikan. Semoga bisa ikut acara edukasi kembali pada saat lanjut ke sekolah menengah atas.”, komentar Galang Lukyansa salah satu peserta edukasi safety riding. (pr-1)