BKKBN Riau Gelar Pelatihan BKB Tingkat Emas Provinsi Angkatan II 2023 Selama Sepekan
Cari Berita

Advertisement

BKKBN Riau Gelar Pelatihan BKB Tingkat Emas Provinsi Angkatan II 2023 Selama Sepekan

Sabtu, 20 Mei 2023

BKKBN Riau Gelar Pelatihan BKB Tingkat Emas Provinsi Angkatan II 2023 Selama Sepekan


PEKANBARU, PARASRIAU.COM - Perwakilan BKKBN Provinsi Riau melaksanakan kegiatan “Pelatihan BKB Emas Tingkat Provinsi Riau Angkatan II Tahun 2023” mulai tanggal 21 sampai dengan 27 Mei 2023. Pelatihan ini diperuntukkan bagi pengelola Bina Keluarga Balita (BKB).


Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Riau pada kesempatan ini juga menjelaskan materi mengenai kebijakan dan program BKB Emas. Dimana, pelatihan BKB Tingkat Emas Provinsi Riau Angkatan II Tahun 2023 ini secara umum bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, sikap dan keterampilan peserta dalam pengasuhan 1000 Hari Pertama Kehidupan dan Pencegahan Stunting melalui Kelompok BKB.


Tujuan khususnya yaitu menjelaskan tentang kebijakan dan program pelatihan teknis BKB EMAS, menjelaskan penerapan delapan fungsi keluarga dalam masa 1000 hari pertama kehidupan (HPK), menyegarkan cara menjaga kesehatan fisik serta mental ibu dan anak Baduta.


Selanjutnya, pelatihan pembiasaan PHBS bagi ibu hamil dan Baduta, mempraktikan stimulasi perkembangan anak pada masa 1000 HPK, menjelaskan peran ayah dan anggota keluarga lainnya dalam masa 1000 HPK, memelihara pengasuhan yang tanggap terhadap kebutuhan anak dalam masa 1000 HPK. 


Pelatihan BKB Emas Angkatan II ini diikuti sebanyak 30 orang. Dimana, masing-masing peserta kabupaten/kota ada lima orang. Antara lain Kota Dumai, Kabupaten Indragiri Hilir, Indragiri Hulu, Kampar, Kepulauan Meranti dan Pelalawan.


Dimana dalam BKB tersebut diharapkan dapat menerapkan delapan fungsi keluarga dalam keluarga, dan disinilah peran fungsi kader BKB dalam memberikan pembekalan dan pengetahuan kepada ibu-ibu yang mempunyai balita dalam tumbuh kembang anak. (*pr1)