87 Warga Riau Masih Menunggu Jadwal Pemulangan ke Tanah Air
Cari Berita

Advertisement

87 Warga Riau Masih Menunggu Jadwal Pemulangan ke Tanah Air

Sabtu, 29 April 2023

WNI di Sudan dievakuasi ke Tanah Air (Foto: Dok Puspen TNI)


PEKANBARU, PARASRIAU.COM - Meski 41 orang dari jumlah 128 mahasiswa dan warga asal Provinsi Riau telah tiba di tanah air, Jumat (28/4/2023) pagi. Namun sebanyak 87 orang mahasiswa dan warga Riau yang dievakuasi dari Sudan terpaksa harus menunggu jadwal pemulangan kloter selanjutnya.  


"Dari total 128 orang mahasiswa dan warga Riau di Sudan, masih tersisa 87 orang lagi yang menunggu jadwal pemulangan kloter selanjutnya. Kami masih menunggu dan belum ada kabar terbaru dari pihak KBRI untuk penerbangan ke Jakarta di kloter selanjutnya," ungkap Koordinator Mahasiswa Riau, sekaligus Ketua Serumpun mahasiswi Riau Sudan (Semari Sudan), Syarif Hidayatullah, Jumat.


Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengungkapkan, bahwa evakuasi WNI dari Sudan yang diguncang perang saudara akan dilakukan sebanyak 3 kloter. Kloter pertama tiba di Jakarta, Jumat (28/4/2023). Lalu, kloter kedua akan dilakukan Sabtu (29/4/2023) dan diperkirakan tiba di Jakarta pada Minggu (30/4/2023).


Sedangkan, kloter penerbangan ketiga sekaligus sebagai penutup untuk seluruh penerbangan dilakukan pada hari Minggu (30/4/2023), menggunakan pesawat TNI AU.


"Insya Allah, mahasiswa Riau yang akan diterbangkan dari Jeddah ke Jakarta ada yang berada di Kloter penerbangan kedua dan juga ada yang di Kloter penerbangan ketiga," kata Syarif Hidayatullah. 


Masih Ada 111 Orang yang Terjebak


Berikut fakta-fakta Warga Negara Indonesia (WNI) yang ada di Sudan dan sudah dievakuasi pemerintah RI. 


1. Ratusan WNI Dievakuasi 


Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia mengoperasikan penerbangan evakuasi bagi WNI yang berada di Sudan imbas situasi konflik yang terjadi sejak beberapa waktu lalu.


Penerbangan evakuasi WNI yang merupakan komitmen penuh Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI. "Sebanyak 385 Warga Negara Indonesia telah tiba dengan selamat di Tanah Air pada pagi hari ini (Jum'at, red) setelah melalui perjalanan panjang dari Khartoum, ibu kota Sudan menuju Jeddah yang kemudian melanjutkan perjalanan jalur udara menuju Tanah Air," ujar Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra, dikutip dari siaran pers Garuda Indonesia, Jumat (28/4/23)

  

"Penerbangan evakuasi ini menjadi wujud kolaborasi yang dinamis antara Pemerintah serta seluruh stakeholder terkait dalam memastikan upaya pemulangan WNI berjalan dengan aman dan lancar," imbuhnya. 


2. Jemput WNI dari Sudan, 15 Bus Transjakarta dikerahkan ke Soetta


Sebanyak 15 unit armada bus Transjakarta dan puluhan petugas disiapkan untuk menjemput WNI yang dievakuasi dari Sudan di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Banten.


"PT Transportasi Jakarta membantu mobilitas pemulangan saudara-saudara kami yang terdampak dan terancam keselamatannya akibat perang saudara di Sudan dengan menjemput mereka dari bandara dan mengantarkannya ke asrama yang telah disediakan pemerintah," kata Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan Transjakarta, Apriastini Bakti Bugiansri di Jakarta, Jumat (28/4/2023).


3. WNI Dibawa ke Asrama Haji


Sebanyak 385 WNI yang dievakuasi akan ditampung sementara ke Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur. Itu dilakukan mengingat mereka baru saja melakukan perjalanan evakuasi sangat panjang dan melelahkan.


"Jadi setibanya di Jakarta, mereka akan langsung dipindahkan sementara ke Asrama Pondok Gede. Sebelum dipulangkan ke daerah masing-masing," ujar Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Jumat 28 April 2023.


4. Pemulangan WNI Bertahap 


Sekitar 902 WNI yang telah terdaftar akan dipulangkan ke Indonesia dari Sudan dan dibagi kedalam tiga tahap. Antara lain adalah sebagai berikut: 


- Tahap I, terdapat 393 orang WNI yang dijadwalkan tiba pada Jum’at 28 April 2023 pukul 05.30 WIB di Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

- Tahap II, terdapat 393 orang WNI dijadwalkan tiba pada Sabtu, 30 April 2023 pukul 05.30 WIB di Bandara Internasional Soekarno-Hatta atau Bandara Halim Perdanakusuma.

- Tahap III, terdapat 116 orang WNI dijadwalkan tiba pada Senin, 1 Mei 2023 pukul 05.30 WIB di Bandara Internasional Soekarno-Hatta atau Bandara Halim Perdanakusuma. 


5. Ada 111 WNI Belum Dapat Dievakuasi


Sebanyak 385 WNI berhasil dievakuasi dari Sudan dan mendarat di Bandara Soetta, Tangerang, Jumat 28 April 2023. Namun, masih ada 111 WNI belum dapat dievakuasi dan menunggu pemulangan selanjutnya. "Per saat ini, tinggal 111 orang WNI yang masih berada di Kota Port Sudan," kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di Bandara Soetta.


Menurut Menlu, 111 WNI tersebut rencananya segera dievakuasi ke Jeddah, Arab Saudi pada hari ini. Mereka akan diterbangkan dari Jeddah pada 29 April 2023 dan tiba di Indonesia pada 30 April 2023.


"Hari ini, mereka akan diterbangkan ke Jeddah dengan pesawat TNI AU. Pemulangan tahap ketiga, sekaligus menutup seluruh proses evakuasi akan dilakukan 30 April dengan menggunakan pesawat TNI AU," pungkasnya. (*/pr2)


Editor: M Ikhwan