Pemkab Kampar dan KI Riau Matangkan Persiapan HAKIN Tahun 2023
Cari Berita

Advertisement

Pemkab Kampar dan KI Riau Matangkan Persiapan HAKIN Tahun 2023

Senin, 06 Maret 2023


PEKANBARU, PARASRIAU.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kampar bersama Komisi Informasi (KI) Provinsi Riau dan Diskominfo Riau terus memantapkan teknis kronor acara Hari Keterbukaan Informasi Nasional (HAKIN) pada bulan Mei 2013 mendatang.


Hal ini terlihat pada rapat persiapan yang diselenggarakan di aula Komisi Informasi (KI) Provinsi Riau, Senin (6/3/2023).


Rapat tersebut dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kampar, Drs. Yusri, M.Si. Turut mendampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Suhermi, Kadis Kominfo Kabupaten Kampar, Yuricho Efril dan pejabat lainnya.


Sedangkan dari KI, hadir Ketua KI Riau Zufra Irwan, Wakil Ketua KI Riau Junaidi dan dua komisioner yakni Asril Darma dan Yulianti. Tampak juga Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Riau, Erisman Yahya beserta sekretaris.


"Agenda rapat kali ini kita membicarakan hal teknis seperti transportasi, akomodasi, konsumsi dan tamu," ucap Zufra Irwan memulai acara.


Menurut Zufra, hal tersebut penting untuk didiskusikan mengingat seperti apa yang teknis dan penanggung jawabnya. Agar menjelang hari puncak tidak ada lagi yang tertinggal.


Hal tersebut diamini Sekda Kampar Yusri. Dia mengatakan, sebagai tuan rumah yang ditunjuk KI Pusat, Pemkab Kampar tidak ingin acara berlevel nasional ini ada cacatnya. 


"Yang jelas, Kampar siap menjadi tuan rumah Hakin 2023. Sebagai tuan rumah kami terus berbenah mempersiapkan agenda nasional ini biar sukses. Kampar ingin menjadi tuan rumah yang baik. Sebelumnya Kampar sudah pernah menyelenggarakan kegiatan berlevel provinsi dan. Jadi Kampar punya pengalaman untuk itu Intinya, kami ingin orang mengingat Kampar dengan baik," harap Yusri.


Menurut Yusri ada beberapa kegiatan yang akan diselenggarakan yakni Deklarasi menyediakan informasi menyambut pemilu 2024, Anugrah Duta menyediakan informasi, Senam massal dan Pameran Bazar UMKM. “Namun ini bisa saja bertambah nantinya tergantung kesepakatan,” kata Yusri.


Karena banyaknya agenda acara, kata Yusri, maka diperlukan nanti penanggungjawabnya. Misal, akomodasi bagaimana dan siapa penanggungjawabnya, transportasi ke tamu bagaimana lalu konsumsi juga. 


"Soal ini akan terus dibicarakan pada rapat-rapat berikutnya," ujarnya.


Yusri juga menyebut tema yang diusung untuk Hakin 2023 adalah Mengukuhkan Peran Komisi Informasi Dalam Mengawal Pemilu 2024 yang Terbuka Inklusif dan Informatif.


Pada kesempatan tersebut, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Riau, Erisman Yahya sangat mengapresiasi Pemkab Kampar sebagai tuan rumah.


Dia yakin Kampar dapat menyelenggarakan acara ini dengan baik. Sebab, Kampar sudah pernah mendapat pengalaman sebagai tuan rumah di provinsi maupun nasional.


"Saya mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi Pemkab Kampar yang mau sebagai tuan rumah Hakin 2023. Dan saya percaya bahwa Pemkab Kampar akan sukses melaksanakan agenda nasional ini," ucapnya.


Setelah rapat ini, maka akan dilanjutkan terus dengan rapat-rapat teknis antar pihak terkait termasuk dengan KI Pusat pada tanggal 13 Maret. (*)


Editor: M Ikhwan