Mou UIR-UTP Malaysia, Prof Syafrinaldi: UIR akan Buktikan akan Cetak Alumni Berkualitas
Cari Berita

Advertisement

Mou UIR-UTP Malaysia, Prof Syafrinaldi: UIR akan Buktikan akan Cetak Alumni Berkualitas

Kamis, 02 Maret 2023


 Rektor UIR, Prof Syafrinaldi dan Wakil Rektor UTP Prof Ts Dr Mohammad Ibrahim Bin Abdul Mutalib. ist


PEKANBARU, PARASRIAU.COM - Universitas Islam Riau (UIR) dan Universiti Teknologi Petronas (UTP) menyembunyikan nota kesepahaman yang turut dihadiri Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar.


Pada kesempatan yang sama, Dekan Fakultas Teknik UIR Dr Eng Muslim Bersama dengan Assoc Prof Dr Ir Rosdiazli Ibrahim Dekan Fakultas Teknik UTP melanjutkan kuliah dua fakultas di negara lain tersebut. UTP akan menjadi mitra UIR pada program double degree.


“Kita berharap betul lewat kerja sama ini, anak-anak Riau bisa mendapatkan pendidikan yang berkualitas UTP. Tahniah dari kami untuk UIR yang telah berhasil melanjutkan program kerja sama ini,” kata Syamsuar dalam sambutannya.


Program dan kesepakatan ini menjadi studi potensi pengembangan program melalui perundingan sebelum penandatanganan MoU antara UIR dan UTP. Disepakati pada program kolaborasi akademik, pertukaran mahasiswa, pertukaran dosen, penelitian bersama yang telah berhasil dilakukan dengan baik dalam kurungan dua tahun terakhir.


Pada saat pertemuan kolaborasi di UTP, Rektor UIR Prof Dr H Syafrinaldi hadir sebagai ketua delegasi memimpin rapat bersama Prof Ir Dr Hilmi Mukhtar Wakil Wakil Rektor Akademik UTP. Dalam membahas potensi laboratorium internasional Indonesia-Malaysia.


Dalam pertemuan hangat tersebut disepakati kesepakatan penting yaitu kesempatan melanjutkan Studi Doktor Teknik bagi dosen UIR. Serta langsung bertemu dengan calon promotor untuk membahas potensi riset dan masa studi.


Tidak berhenti pada kolaborasi fakultas teknik UIR, Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi Dr Muhd Ar Imam turut menawarkan kerja sama penelitian terkait big data. Serta sentimen analisis dan sosial media kepada Dr Mohd Hilmi Hasan Senior Lecturer Department of Computer & Information Sciences.


Perbincangan tersebut ditanggapi serius antara dua fakultas dan berlanjut pada perjanjian kerja sama berikutnya. Isu dan topic cyber law menjadi topik Kerjasama fakultas hukum pada lawatan internasional UIR kali ini.


Gubernur Riau menyambut baik kerjasama ini. Berharap program ini bisa segara diterapkan dan memberikan dampak yang signifikan bagi putra-putri Riau.


Program double degree yang akan dilaksanakan menganut proses pembelajaran hybrid dan by course (pembelajaran di kelas) yang ditempuh. Dalam kurun waktu yang ditentukan dalam kesepakatan lanjutannya.


Mahasiswa Teknik UIR akan mendapatkan kesempatan kuliah dan menikmati iklim akademik di Universiti Teknologi Petronas dalam kurungan dua hingga empat semester. Akan mengantongi dua ijazah yaitu dari UIR dan UTP.


Selanjutnya, UIR akan ikut mengirim staf akademik dan tenaga kerja untuk bekerja secara penuh (penuh waktu) dan mengikuti rangkaian pendidikan dan kursus manajemen akademik dan laboratorium selama dua bulan di UTP.


Dalam sambutannya di sela seremonial penandatangan MoU, Wakil Rektor UTP Prof Ts Dr Mohammad Bin Abdul Mutalib mengungkapkan kegembiraannya pada menahan dan perpanjangan MoU antara UIR-UTP.


“Pak Rektor dan Yang Mulia Gubernur Riau, saya sangat bergembira dalam pencapaian kerjasama ini dan sudah kami rasakan bersama hasilnya melalui publikasi artikel ilmiah, kolaborasi penelitian dan pertukaran pelajar kita. Saya sangat rindu makan asam pedas patin di Pekanbaru semoga kita bisa berjumpa lagi di Pekanbaru," sambut Prof Ibrahim.


Sebagai wujud apresiasi pada program ini, Rektor Prof Syafrinaldi menegaskan melalui kolaborasi ini, UIR akan membuktikan akan mampu mewujudkan visi 2041 menjadi Universitas Islam Berkelas Dunia dan mencetak alumni berkualitas. (*)


Editor: M Ikhwan