2.000-an Warga Muhammadiyah Hadiri Muswil ke-26 Muhammadiyah dan 'Aisyiyah di Kuansing
Cari Berita

Advertisement

2.000-an Warga Muhammadiyah Hadiri Muswil ke-26 Muhammadiyah dan 'Aisyiyah di Kuansing

Sabtu, 04 Maret 2023


TALUK KUANTAN, PARASRIAU.COM - Dua ribuan warga Muhammadiyah hadiri Pembukaan Musyawarah (Muswil) ke-26 Muhammadiyah dan 'Aisyiyah Riau, Sabtu pagi (4/3/2023). 


Dalam acara resmi dibuka oleh Sekretaris Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Muhammad Sayuti MPd MEd PhD. Dari PP 'Aisyiyah hadir Sekretaris Diah Pusparini SPd MPd dan ketua Majelis Dikti Prof Dr Ir Siti Muslimah Widyastuti MSc.


Turut hadir Ketua PW Muhammadiyah Dr H Abdul Wahid MUs, Gubernur Riau diwakili Kepala Biro Kesra Zulkifli Syukur, Plt Bupati Kuantan Singingi Drs Suhardiman Ambi Ak MM, Forkompimda Kuantan Singingi, Rektor Umri Dr H Saidul Amin MA, beberapa anggota DPRD Provinsi Riau dan Kabupaten Kuantan Singingi serta beberapa pengurus ormas Islam.


Seremonial pembukaan yang dipusatkan di Gor Sport Center, Teluk Kuantan itu berlangsundg meriah dengan penampilan Marching Band, peragaan Pencak Silat Tapak Suci, serta peragaan Semaphore dari para siswa Perguruan Mualimin Muhammadiyah dan Pondok Pesantren KH Ahmad Dahlan, Teluk Kuantan.


Ketua Panitia Musywil Dr Eng Yusri Rasul mengatakan, Muswil dilaksanakan sejak Jum'at hinggga Ahad (3-5/3/2023). Alhamdulillah sekitar lima ratus peserta telah hadir mengikuti Musypimpil dan sekitar dua ribu penggembira dari 12 Kabupaten dan Kota di Riau hadir di Kota Jalur, Teluk Kuantan.


Yusri juga menyampaikan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu pelaksanaan kegiatan ini khususnya dukungan Plt Bupati Kuantan Singingi.


“Terimakasih atas dukungan dan bantuan pihak-pihak dalam kegiatan ini terkhusus Plt Bupati Kuantan Singingi Drs Suhardiman Amby Ak MM Datuk Panglimo Dalam yang telah memberikan dukungan penuh berupa material, tempat hingga pembukaan 2 ekor sapi untuk konsumsi selama kegiatan,” beber Yusri Rasul.


Ia juga menyebutkan bahwa selain pembukaan Musywil yang dilaksanakan di Gor Sport Center, pelaksanaan pemilihan untuk Muhammadiyah ditempatkan di SMA Negeri Pintar dan untuk 'Aisyiyah dilaksanakan di SMKN Teluk Kuantan. 


Ketua PW Muhammadiyah, Dr H Abdul Wahid MUs dalam sambutannya mengatakan, Musyawarah Wilayah Muhammadiyah dan 'Aisyiyah adalah helatan lima tahun untuk mengevaluasi pelaksanaan program dengan kepemimpinan sebelumnya, memberikan rekomendasi program, isu-isu strategi internal dan eksternal serta memilih 13 anggota pimpinan wilayah.


Plt Bupati Kuantan Singingi, Drs H Suhardiman Amby Ak MM dalam sambutannya mengucapkan selamat atas Pelaksanaan Musywil ke-26 Muhammadiyah dan 'Aisyiyah Riau dan menyampaikan terima kasih kepada Muhammadiyah atas peran besarnya dalam bidang dakwah, pendidikan serta pembangunan di Kabupaten Kuantan Singingi.


“Terima kasih kepada Muhammadiyah, atas termasuk dalam bidang dakwah, pendidikan dan lainnya dalam kemajuan Kabupaten Kuansing,” kata Plt Bupati yang bergelar Datuk Panglimo Dalam.


Ia juga menyampaikan “Semoga dengan adanya Musywil ini bisa menghasilkan keputusan-keputusan yang tepat, bisa membawa generasi muslim yang beriman, ilmiah, berwawasan kebangsaan serta selalu menjaga keutuhan NKRI,” ujar Suhardiman. 


Sementara itu Kepala Biro Kesra Setda Provinsi Riau H Zulkifli Syukur berharap agar Musywil ke-26 Muhammadiyah dan 'Aisyiyah Riau dapat melahirkan kader berkemajuan.


Zulkifli juga mengucapkan terima kasih kepada Plt Bupati Kuantan Singingi yang telah menyempatkan hadir, dan memberikan sumbangsih penuh untuk kegiatan Muhammadiyah di Kuantan Sngingi.


"Saya ucapkan terima kasih kepada Datuk Panglimo Dalam karena beliau juga ikut serta bertungkus lumus demi kesuksesan acara Musywil ini di Kabupaten Kuansing," ucap Zulkifli. 


Sekretaris PP Muhammadiyah Muhammad Sayuti MPd MEd PhD mengatakan bahwa Musyawarah Wilayah yang dilaksanakan di Provinsi Riau harus menjadi contoh, tauladan dan bermartabat dengan hasil yang mencerahkan seluruh Riau.


“Permusyawaratan yang dilaksanakan PDM, PWM, PCM anggota Musywil di Riau harus menjadi contoh. Musywil Muhammadiyah dan 'Aisyiyah tauladan dan bermartabat dengan hasil yang mencerahkan seluruh Riau,” sebut Sayuti. (*)


Editor: M Ikhwan