AJI Pekanbaru Ajak PHR Berkolaborasi untuk Tingkatkan Pemahaman Jurnalisme Publik
Cari Berita

Advertisement

AJI Pekanbaru Ajak PHR Berkolaborasi untuk Tingkatkan Pemahaman Jurnalisme Publik

Jumat, 24 Februari 2023


PEKANBARU, PARASRIAU.COM - Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Pekanbaru melanjutkan program roadshow ke berbagai instansi terkait, sebagai komitmen organisasi dalam meningkatkan pemahaman jurnalisme. Tidak hanya bagi para jurnalis, namun juga bagi masyarakat luas yang tidak bisa lepas dari pengaruh media massa. 


Kali ini agenda roadshow AJI Pekanbaru yakni bersilaturahmi dengan PT Pertamina Hulu Rokan (PHR), yang dihadiri oleh pengurus, anggota AJI Pekanbaru, sementara dari PHR tampak hadir Corporate Secretary PHR Rudi Ariffianto, Senior Analyst Media and Communication PHR Yulia Rintawati serta jajaran di salah satu kafe di Jalan Riau, Kota Pekanbaru, Jumat (24/2/2023). 


Ketua AJI Pekanbaru, Eko Faizin mengatakan program edukasi bertujuan agar masyarakat luas memahami bagaimana penyebaran hoaks dilakukan dengan mudah karena pesatnya perkembangan teknologi digital, dan cara mengantisipasi hal tersebut. 


Kemudian juga memaparkan bagaimana praktik jurnalisme yang dijalankan sesuai aturan undang-undang dan konsistensi para jurnalis dalam menerapkan etika jurnalistik. 


“Untuk mewujudkan hal itu, kami telah menyiapkan program edukasi pada tahun ini untuk para jurnalis muda serta masyarakat Riau di kabupaten/kota. Program edukasi ini juga sejalan dengan kegiatan penerimaan anggota baru AJI Pekanbaru yang telah dibuka hingga 6 Maret 2023,” ungkapnya. 


Eko berharap dengan edukasi yang berkelanjutan, pemahaman jurnalis dan masyarakat tentang jurnalisme akan meningkat serta para jurnalis konsisten menerapkan kode etik saat menjalankan tugas jurnalistik di lapangan. 


Corporate Secretary PHR, Rudi Ariffianto mengatakan diminta senang bisa bertemu dengan AJI Pekanbaru, karena sebagai mantan jurnalis dulunya pertama kali mengenal organisasi juru tulis adalah AJI. 


"Kami senang bertemu dengan AJI, karena memang sejak awal saya mengenal organisasi jurnalis adalah AJI, sehingga saya memahami betul bagaimana komitmennya dan kemandirian AJI," tulisnya. 


Rudi mengakui penyebaran hoaks dan informasi palsu di internet saat ini semakin mudah dengan dukungan teknologi digital. 


Sehingga untuk mengantisipasi hal itu, perlu upaya edukasi dan peningkatan literasi masyarakat sehingga terhindar dari risiko menjadi korban penyebaran hoaks tersebut. 


Karena itu diadaptasi siap mendukung program edukasi yang telah disiapkan oleh AJI Pekanbaru, dan juga akan menggandeng AJI untuk ikut meningkatkan pemahaman jurnalisme publik di sejumlah kegiatan yang berhubungan langsung dengan masyarakat sekitar perusahaan operasional lokasi. (*)