Kesepakatan Urang Nan Sapuluah, AI Dt. Rajo Nan Sati Terpilih Sebagai Ketua KAN LA
Cari Berita

Advertisement

Kesepakatan Urang Nan Sapuluah, AI Dt. Rajo Nan Sati Terpilih Sebagai Ketua KAN LA

Minggu, 29 Januari 2023

Aswil Indra Datuak Rajo Nan Sati


PADANG PARIAMAN, PARASRIAU.COM - Berbagai kalangan niniak mamak sangat mendukung penuh atas kembalinya marwah niniak mamak Lubuak Aluang yang mana sebelumnya sempat berdiri dua tempat Kantor Kerapatan Adat Nagari (KAN) di Lubuak Aluang.


"Alhamdulillah hari Minggu tanggal 29 Januari 2023 pukul 08.30 WIB telah berlangsung pemilihan ketua KAN yang baru. Yang mana para pemilih seluruh niniak mamak Lubuk Aluang yang terdiri dari 88 orang penghulu dan niniak mamak yang punya hak suara. Para calon ketua KAN yang akan dipilih sebelumnya sudah mendapatkan persetujuan dari Urang Nan Sapuluah (Pucuak nan baranam, Basa nan Barampek)," ungkap Arman Datuak Kayo Panyalai beserta persatuan Niniak Mamak 7 suku yg berada di Kota Pekanbaru kepada media ini, Ahad (29/1).


Dirinya juga sangat mendukung sekali dengan pemilihan Ketua KAN yang baru. Alhasil setelah pelaksanaan pemilihan Alhamdulillah Ketua KAN yang baru terpilih adalah AI Datuak Rajo Nan Sati Pucuak Adaik kaum Suku Panyalai Lubuk Alung periode 2023-2028.


Kapolsek Lubuk Alung IPTU Arvi Yandri foto bersama dengan niniak mamak dalam musyawarah KAN. int


Seperti terlihatnya sejumlah media online bahwa musyawarah pemilihan Ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) Lubuk Alung digelar hari Ahad (29/1/2023) di Masjid Raya Ampek Lingkuang berjalan sukses dan lancar.


Dari laporan Polsek Lubuk Alung, ikut mengamankan acara tersebut. Termasuk dari Polres Padang Pariaman juga ikut hadir. Pemilihan Musyawarah Ketua KAN ini tentu bagian dari rangkaian kegiatan sebelumnya. 


Bersatunya dualisme kepengurusan KAN Lubuk Alung, musyawarah pemilihan Ketua KAN itu menandakan berakhirnya silang sengketa dan perselisihan selama ini. 


Musyawarah itu, sebelumnya adalah musyawarah melebur dualisme kepengurusan, dengan menetapkan Hari Subrata Datuak Rangkayo Basa sebagai Plt Ketua sekaligus ketua panitia musyawarah dan Hilman H Datuak Mangkuto Alam sebagai Sekretaris panitia musyawarah. 


Kapolsek Lubuk Alung, Iptu Arvi Yandri menyebutkan, para calon Ketua KAN yang akan dipilih berdasarkan kesepakatan Urang Nan Sapuluah (pucuk nan baranam basa nan barampek) sesuai nomor urut sebagai berikut. 


Pertama Aswil Indra Datuak Rajo Nan Sati dari Suku Panyalai, kedua Hari Subrata Datuak Rangkayo Basa dari Suku Jambak, ketiga Syaifulman Datuak Rajo Basa dari Suku Koto dan keempat Asril Muchtar Datuak Rangkayo Basa dari Suku Koto.


Musyarawah pemilihan Ketua KAN dipimpin oleh Abdurrahman Datuak Rangkayo Balai dan diikuti seluruh pucuk adat Nagari Lubuk Alung, yakni urang nan sapuluh. Basa nan barampek, pucuak nan baranam, sunting baduo dan ninik mamak kaum se Kecamatan Lubuk Alung lebih kurang 79 orang.


Pemilihan dilakukan dengan demokrasi, suara terbanyak. Masing-masing peserta dari niniak mamak itu memilih sesuai pilihannya. Tercatat, 88 orang pangulu dan niniak mamak punya hak suara untuk memilih ketua KAN tersebut.


Kertas suara dicetak dengan gambar calon, nama calon, dan nomor urut calon, dan dipilih dengan cara melingkari nomor urut calon. Selain pangulu dan ninik mamak dilarang masuk ruangan musyawarah pada saat pemilihan berlangsung. 


Para niniak mamak yang tidak datang, hak pilihnya hilang dan menyetujui hasil pemilihan. Apabila ada yang memilih dua calon, suaranya dianggap batal.


Pemilihan Ketua KAN secara demokrasi dimulai dengan jumlah ninik mamak yang hadir sebanyak 79 orang yang dipimpin oleh Hilman H Datuak Mangkuto Alam. 


Dan dalam penghitungan suara setelah pemilihan, Aswil Indra Datuak Rajo Nan Sati dari Suku Panyalai mendapatkan 46 suara, sekaligus suara terbanyak. 


Sedangkan Hari Subrata Datuak Rangkayo Basa dari Suku Jambak mendapatkan 33 suara. 


Turut hadir dalam acara tersebut antara lain yakni Wakapolres Padang Pariaman, Kompol Armijon, Kasat Intelkam Iptu Nirdes Ali, Kasat Samapta Iptu Syahbudin. iwn


Penulis: M Ikhwan