Rakor dan Bimtek se-Riau, FKDM Serahkan Hasil Rekomendasi ATHG kepada Gubernur
Cari Berita

Advertisement

Rakor dan Bimtek se-Riau, FKDM Serahkan Hasil Rekomendasi ATHG kepada Gubernur

Kamis, 15 Desember 2022


PEKABARU, PARASRIAU.COM - Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Provinsi Riau, Rabu hingga Kamis (14-15/2022) menggelar agenda Rapat Koordinasi (Rakor) dan Bimbingan Teknis (Bimtek) di Hotel Furaya, Kota Pekanbaru.


“Kegiatan Rakor dan Bimtek ini diselenggarakan oleh lima orang utusan perwakilan perwakilan FKDM kabupaten/kota se-Provinsi Riau. FKDM ini juga mengadakan perwakilan Badan/Dinas Kesbangpol seluruh kabupaten/kota yang menghasilkan rekomendasi tentang potensi Ancaman Tantangan Hambatan Gangguan (ATHG) yang terjadi di Riau dan bersumber dari masing-masing kabupaten/kota,” ungkap Ketua FKDM Provinsi Riau, DR Data Wardana yang juga salah seorang Dosen di Universitas Islam Riau (UIR).



Dijelaskannya, rekomendasi yang dikumpulkan secara bersama-sama dalam diskusi yang dilaksanakan Rabu malam di Hotel Furaya menyerahkan Ketua FKDM Riau DR Data Wardana didampingi seluruh ketua FKDM kabupaten/kota se-Riau kepada Gubernur Riau nantinya.


Data Warfana juga menyampaikan, banyak hal dan harapan, baik terkait kegiatan yang sudah dilakukan atau pun yang menjadi kemajuan tahun depan. 



“Salah satu kegiatan yamg kami lakukan yakni turun dan bertemu langsung dengan pengurus FKDM di setiap kabupaten/kota. Di sana kami bertemu dengan bupati dan wakil bupati. Hal ini untuk memberikan penguatan agar seluruh Pemkab dapat mendukung FKDM di setiap daerah sesuai Arah Gubernur Riau. Alhamdulillah, sudah banyak Pemkab yang mendukung FKDM dengan meringankan beban," kata Data yang menerima tepuk tangan dari seluruh undangan tamu. 


Pada kesempatan itu, Data juga menyampaikan harapan agar seluruh pengurua FKDM daerah bersama pengurus FKDM Provinsi memiliki satu persepsi dalam menjalankan fungsinya. Berpartisipasi juga aktif di lapangan guna mengantisipasi ATHG. 


Data juga berharap agar seluruh pengurus FKDM kabupaten/kota melakukan sosialisasi kewaspadaan dengan melibatkan kalangan Ormas dan OKP di Riau. 


“FKDM dalam mengumpulkan data potensi ATHG tersebut juga dengan melaksanakan FGD. Kami merasakan ini sangat cukup efektif. Maka tahun depan akan lebih intensif dilaksanakan lagi, bahkan di kabupaten/kota. Tema yang diusung tentu disesuaikan dengan kondisi di setiap kabupaten/kota tersebut,” data lama. 


Kepala Badan Kesbangpol Riau Jenri Salmon Ginting AP, M.Si melalui Kepala Bidang (Kabid) Kewaspadaan Nasional dan Penanganan Konflik Hendriyadi Wijaya Kusuma S.STP, Sekretaris Badan Kesbangpol Riau, DR Afirunnas, meyambut baik kegiatan yang dilaksanakan FKDM Riau tersebut. Ia berharap agar FKDM semakin kompak. 


Kegiatan ini menghadirkan.pemateri Brigjen TNI R. Wibisono Hendroyoso dari Kabinda Riau dan Ferryan Mustaqim.S.STP,MAP dari Kemendagri dengan moderator Dr. Zainal, S.Sos., M.Si. (*)


Editor: M Ikhwan