Milad ke-45, IKA FAPERTA UIR Wakafkan 147 Al-Quran ke 12 Rumah Tahfidz
Cari Berita

Advertisement

Milad ke-45, IKA FAPERTA UIR Wakafkan 147 Al-Quran ke 12 Rumah Tahfidz

Kamis, 10 November 2022


PEKANBARU, PARASRIAU.COM - Bersempena Milad Fakultas Pertanian (FAPERTA) Universitas Islam Riau yang ke-45, Ikatan Alumni Faperta UIR kembali mewakafkan sebanyak 147 Al-Qur’an kepada Hafidz dan Hafidzah di 12 Rumah Tahfidz Qur’an (RTQ) yang tergabung dalam Forum Komunikasi Pendidikan Al-Qur’an (FKPQ) yang sekaligus dilaksanakan Wisuda Tahfidz ke-2 yang digelar di Aula FAPERTA UIR, Kamis (10/11/2022). 


Sebelumnya wakaf pemberian Al-Qur’an juga telah dilaksanakan oleh IKA FAPERTA UIR pada bulan Agustus lalu dengan memberikan sebanyak 483 Al-Qur’an yang berasal dari sumbangan Alumni dan civitas akademika FAPERTA. 


Ketua Panitia Wisuda Tahfidz sekaligus sebagai Ketua FKPQ Ustad Jamil, S.P., menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi kepada IKA FAPERTA UIR yang telah memberikan dukungan penuh. 


“Semoga acara ini membawa keberkahan, kami sangat berterima kasih dan apresiasi begitu besar atas dukungan dari alumni Faperta sehingga kami bisa kembali melaksanakan wisuda tahfidz untuk kedua kalinya dan di support penuh,” ujar Jamil. 


Hadir juga Plt Kepala Kantor Agama Pekanbaru H. Abdul Wahid, S.Ag., M.I.Kom mengatakan dalam sambutannya kampus harus menjadi tempat syiar dan dakwah islamiyah. 


“Universitas khususnya universitas islam harus menjadi mercusuar dari syiar dan dakwah islamiyah di Indonesia, Dalam hal ini UIR sudah dirasa tepat dalam mendukung syiar islam dengan pelaksanaan pemberian wakaf Al-Qur’an yang di barengi dengan wisuda tahfidz sembari melaksanakan reuni akbar,” kata Abdul Wahid.


Selanjutnya, Rektor Universitas Islam Riau Prof. Dr. H. Syafrinaldi, S.H., M.C.L dalam sambutannya mengungkapkan, di usia yang ke-45 tahun FAPERTA sudah berkiprah mencetak alumni-alumni serta berkontribusi memajukan dunia pendidikan. 


“Tanpa terasa 45 tahun sudah Fakultas Pertanian UIR berkiprah serta berkontribusi dalam dunia pendidikan dan telah mencetak alumni-alumni yang berprestasi dan tersebar di seluruh sektor baik pemerintahan maupun perusahaan,” ungkap Syafrinaldi.


Syafrinaldi juga menambahkan harapannya kepada para wisudawan hafidz Al-Qur’an yang di dominasi dari usia anak - anak hingga remaja tersebut dapat terus menghafal Al-Qur’an tetapi juga mengimplementasikan nilai-nilai terpuji di dalam Al-Qur’an kepada diri sendiri maupun terhadap orang di sekitar. 


Acara wisuda tahfidz Al Quran sekaligus pemberian wakaf berupa Al Quran merupakan salah satu dari sekian rangkaian acara bersempena Reuni Akbar dan Milad ke 45 Faperta UIR yang akan dilaksanakan selama tiga hari dimulai 10 November hingga 13 November 2022 mendatang. 


Dalam rangkaian acara Milad Faperta UIR tersebut juga akan dilaksanakan Seminar Nasional sekaligus Musyawarah Besar IKA FAPERTA UIR yang berfokus membahas bidang kajian Agroteknologi, Agribisnis, dan Budidaya Perikanan dengan narasumber para alumni serta pakar pertanian yang berkompeten di bidangnya dari sisi akademisi maupun praktisi dari dalam dan luar negeri. (*)


Editor: M Ikhwan