Terima Kunjungan KI Riau, PPID Golkar Siap Dukung Keterbukaan Informasi Publik
Cari Berita

Advertisement

Terima Kunjungan KI Riau, PPID Golkar Siap Dukung Keterbukaan Informasi Publik

Selasa, 11 Oktober 2022

Visitasi Verifikasi Faktual Keterbukaan Informasi Publik ke PPID Partai Golkar Riau. ist


PEKANBARU, PARASRIAU.COM - Untuk mewujudkan Keterbukaan Informasi Publik dalam pengelolaan Informarsi dan Dokumentasi, Komisi Informasi (KI) Riau beserta rombongan penilaian KI AWARD 2022 melakukan kunjungan ke Kantor DPD Golkar Riau. 


Kunjungan ini terkait pelaksanaan pelayanan Penjabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di lingkungan Partai Politik, Selasa (11/10/2022) di Kantor DPD Golkar Riau Jalan Utama, Rejosari Tenayan Raya, Kota Pekanbaru.


Ketua Komisi Informasi Provinsi Riau, Zufra Irwan SE menuturkan, Informasi Publik adalah informasi yang dihasilkan, disimpan, dikelola, dikirim, dan/atau diterima oleh suatu Badan Publik yang berkaitan dengan penyelenggara dan penyelenggaraan negara dan/atau penyelenggara dan penyelenggaraan Badan Publik lainnya, sesuai dengan Undang-undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik serta informasi lain yang berkaitan dengan kepentingan publik.


“Seperti yang diamanatkan UU No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, setiap Badan Publik wajib menyediakan informasi publik yang bisa diakses oleh masyarakat, siapapun, dimanapun dan kapanpun. Untuk itu, Monitoring dan Evaluasi (Monev) keterbukaan informasi publik pada badan publik perlu dilakukan untuk mengetahui dan mengukur pelaksanaan keterbukaan informasi publik,” jelasnya.


“Saya mengimbau kepada para peserta pasca pertemuan ini agar dapat memanfaatkan secara optimal apa yang telah diperoleh di unit kerja masing-masing. Pada akhirnya ini merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan keterbukaan informasi publik,” pungkasnya.


Pada kesempatan yang sama, Wakil Ketua bidang Media Penggalangan Opini (MPO) DPD Golkar Riau, Erna Wilianti SH selaku PPID Utama DPD Golkar Riau menyampaikan, siap menyukseskan terlaksananya KI Award 2022 dan mendukung pelayanan keterbukaan informasi publik.


"Kami dari DPD Golkar Riau siap menyukseskan KI Award 2022 dan mendukung pelayanan keterbukaan informasi publik. Kami dari PPID DPD Golkar Riau siap menjadi garda terdepan dalam keterbukaan informasi pelayanan publik di Riau dan Indonesia," tutup pemilik Sekolah Witama ini. 


Hadir saat Monev ini, para pengurus Bidang MPO DPD I Golkar Riau, antara lain Khairul Amri, Rio Indra dan Jasman MH. Termasuk jajaran kepengurusan PPID DPD Golkar Riau, antara lain Erhan, Rian dan Sri. (*)


Editor: M Ikhwan