Jalin Kerjasama, Tiga Dosen Faperta UIR Ikuti International Conference SAFE 2022 di Turky
Cari Berita

Advertisement

Jalin Kerjasama, Tiga Dosen Faperta UIR Ikuti International Conference SAFE 2022 di Turky

Sabtu, 15 Oktober 2022


PEKANBARU, PARASRIAU.COM - Dalam mengimplementasikan program Go Internasional Fakultas Pertanian (Faperta) UIR, tiga dosen fakultas tersebut mengikuti International Conference on Sustainable Agriculture, Food and Energy (SAFE 2022)di Istanbul University, Turkiye pada 16-20 October 2022.  


Ketiga dosen yang bertolak hari Sabtu (15/10) mengikuti konferensi internasional tersebut adalah Dr. Ir. Siti Zahrah (Dekan Faperta UIR), MP; Dr. Ir. Ujang Paman Ismail, M.Agr (Wakil Dekan III) dan Sisca Vaulina, SP, M.Si (Ketua Prodi Agribisnis Faperta UIR).  


Dekan Faperta UIR, Dr. Siti Zahrah didampingi Dr. Ujang Paman Ismal kepada pers menjelaskan kehadiran mereka di acara tersebut sekaligus untuk menandatanganan MoA dari beberapa Fakultas Pertanian dari berbagai universitas yang ada di kawasan Asia Pasifik serta menghadiri Net-work-Asia Pasifik.  


"Forum atau pertemuan tersebut yang akan membicarakan kerja sama yang lebih luas di antara Fakultas Pertanian yang tergabung dalam organisasi SAFE (Sustainable Agriculture, Food and Energy) termasuk Faperta UIR," ujar Siti Zahrah.


Siti Zahrah selanjutnya menjelaskan, keikutsertaan ketua Prodi Agribisnis Fakultas Pertanian UIR: Sisca Vaulina, SP, M.Si di konferensi internasional ini menjadi penting pula dalam rangka menjajaki kerjasama atau kolaborasi dengan program studi yang sama dari universitas yang ada di Asia Pasific yang merupakan anggota dari SAFE. 


Dikatakan, kerjasama internasional sekarang ini sangat penting untuk kemajuan Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian UIR ke depannya dan sekaligus pengakuan internasional atas keberadaan program studi  tersebut di level internasional. Hal ini sangat mendukung dalam mewujudkan visi prodi, fakultas dan UIR yaitu menjadi Universias Islam Kelas Dunia Berdasarkan Iman Taqwa. 


Sementara, Dr. Ujang Paman Ismail, M.Agr menjelaskan, kehadirannya dalam konferensi tersebut akan mempresentasikan hasil penelitiannya  tentang “Evaluation of Operator’s Competence to Maintain Farm Machines.”   


Keberangkatannya  atas biaya Kemendikbud Dikti dari dana hibah  penelitian tahun 2022 untuk menghadiri Internasional Seminar.  Sebagai founder dan anggota tetap organisasi profesi internasional:  (SAFE)-Asia Pacific Network Forum yang didirikan tahun 2013 yang lalu. 


"Saya terus mengikuti konferensi yang diadakan setiap tahun, kecuali dua tahun belakangan tidak diadakan akibat Covid-19. Di tengah ancaman krisis pangan global saat ini, conferensi ini menjadi penting dan menarik untuk diikuti," kata mantan Dekan Faperta yang pernah maju dalam Pemilihan Rektor UIR ini. (*)


Editor: M Ikhwan