50 Peserta UKW PWI Riau Angkatan XIX-XX Dinyatakan Kompeten
Cari Berita

Advertisement

50 Peserta UKW PWI Riau Angkatan XIX-XX Dinyatakan Kompeten

Kamis, 20 Oktober 2022


PEKANBARU, PARASRIAU.COM - Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Angkatan XIX dan XX yang digelar PWI Riau resmi ditutup Ketua PWI Riau, Zulmansyah Sekedang di Hotel New Hollywood, Jalan Kuantan Raya, Kota Pekanbaru, Kamis (20/10/2022). 


Hasilnya, dari total 57 peserta UKW sebanyak 50 orang dinyatakan sebagai wartawan kompeten. Dengan demikian, 7 peserta dinyatakan tidak kompeten. 


Ketua PWI Riau, Zulmansyah Sekedang dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada yang lulus UKW dan dua peserta terbaik. Dia mengatakan bahwa kegiatan UKW bukan sekadar formalitas untuk mendapatkan kartu UKW. 


"Materi UKW banyak sekali manfaatnya, terutama tentang aturan hukum yang diatur Undang-undang Pers serta kode etik jurnalistik. Tentunya materi tersebut sangat berguna bagi kawan-kawan wartawan dalam menjalankan tugas di lapangan," kata Zulmansyah. 


Menurutnya, peserta yang belum lulus UKW bukan berarti tidak memahami UU Pers dan kode etik. Namun, lebih kepada lalai dan abai terhadap peraturan dan kode etik yang mengatur perilaku wartawan. 


"UU Pers dan kode etik ini harus kita taati dalam menjalankan tugas di lapangan. Kalau tidak maka akan berhadapan dengan hukum. Sekarang wartawan juga bisa kena sanksi pidana selain dijerat UU ITE. itu banyak terjadi. Oleh karena itu, jangan sampai kita melanggar hukum," tuturnya. 


Zulmansyah yang juga mengantongi sertifikat ahli pers dari Dewan Pers ini berharap peserta yang dinyatakan kompeten jadi lebih profesional dalam menjalankan tugas kewartawanan. Dengan begitu akan terwujud pers yang berkualitas. 


"Untuk itu, dalam bertugas di lapangan ada adab dan tata cara yang diatur kode etik dan UU Pers. Kawan-kawan yang lulus tentu sudah bertambah pemahaman dan wawasannya. Boleh juga ditularkan dan dieduksikan ke wartawan-wartawan di lapangan," ujarnya. 


Sementara itu, kepada peserta yang tidak lulus UKW, Zulmansyah berharap tidak berkecil hati. Sebab, masih ada kesempatan untuk mengulang enam bulan ke depan. 


Sebagai informasi, pelaksanaan UKW dua angkatan ini ada sebanyak 10 Kelas, terdiri dari 7 kelas jenjang muda, 2 kelas jenjang madya, dan 1 kelas jenjang utama.


Kegiatan ini terselenggara atas dukungan sponsor SKK Migas Sumbagut KKKS Wilayah Riau yang sangat komitmen untuk membantu berbagai kegiatan PWI Riau untuk peningkatan kualitas wartawan. (*)


Editor: M Ikhwan