10 Film Pendek Karya Mahasiswa Fikom UMRI Diputar di Bioskop dalam Ajang ECA 2022
Cari Berita

Advertisement

10 Film Pendek Karya Mahasiswa Fikom UMRI Diputar di Bioskop dalam Ajang ECA 2022

Selasa, 09 Agustus 2022


PEKANBARU, PARASRIAU.COM - Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) berhasil menayangkan 10 film pendeknya di Studio 6 CGV Transmart dalam agenda English Communication Award (ECA) UMRI 2022. Ajang tersebut merupakan kegiatan tahunan mata kuliah English communication yang diampu oleh Nora Anzellita MPd.


Sebanyak lebih dari 250 kursi yang tersedia terisi penuh oleh penonton yang terdiri dari mahasiswa, alumni hingga Kepala Program Studi Ilmu Komunikasi UMRI Fitria Mayasari MA dan Wakil Dekan Eka Putra Nazir ST., MSc. hadir menyaksikan penayangan perdana film pendek mahasiswa di bioskop pada Senin (8/8) malam tersebut.


“Acara ini berhasil membuat Fikom Menjadi yang terdepan, bukan hanya di UMRI namun juga di Riau secara keseluruhan. Acara ini juga menggabungkan enam Lembaga Semi Otonom yang ada di Fikom UMRI dan bisa menjadi tradisi yang positif bagi generasi sesudahnya,” ujar Eka Putra Nazir dalam sambutannya yang mewakili Dekan Fikom UMRI Jayus S.Sos.,M.I.Kom.


Acara English communication award 2022 ini merupakan acara ke 3 dan perdana dilaksanakan di CGV transmart pekanbaru. Film pendek berbahasa Inggris ini merupakan tugas mata kuliah English communication. Guna mengapresiasi tugas tersebut diadakan English communication award ini. semua film pendek bahasa Inggris tersebut merupakan karya mahasiswa semester 2 Ilmu Komunikasi UMRI.


“Tujuannya supaya mahasiswa bisa praktek langsung berbahasa Inggris baik di pembuatan tugas dan ketika acara awarding, semua pengisi acara menggunakan bahasa Inggris, walaupun mahasiswa bukan dari prodi bahasa Inggris namun diharapkan kedepannya mahasiswa ilkom umri bisa berkomunikasi dalam bahasa Inggris,” ungkap Nora Anzelita.


Sementara itu, Ketua Panitia ECA tahun 2022, Raishya Amalia mengaku bangga dan senang jika karya film teman-teman mahasiswanya bisa diputar di layar lebar CGV Transmart Pekanbaru. “Kami senang sekali atas diputarnya film yang telah kami buat di Bioskop sekelas CGV Transmart Pekanbaru. Biasanya kami menonton orang namun kali ini karya kami yang ditonton orang di Bioskop,” ucap Raisha dengan antusias.


Sepuluh film yang diputarkan pada ECA 2022 UMRI adalah ALMS FOR THE AFTERLIFE, UNTOLD, THE ELITE, STALKER, NO FACE, TWO SIDE, INNER SPEECH, RUTHLESS, STAY OR DIE dan SYCHO IN ME. Film tersebut terdiri dari bermacam genre mulai dari drama,drama musical, action dan thriller.


Adapun pemenang dalam ajang tersebut yakni  Best Poster yang dimenangkan oleh film The Elite, best Teaser dimenangkan oleh film Ruthless, Best English Delivery diberikan kepada film Untold,  Best Main lead jatuh kepada Venasya Valeriska pada film STALKER,  Best Story diberikan kepada Ilya Ruri Fazilah pada FILM ALMS FOR THE AFTERLIFE.


Sedangkan untuk Best Director dianugrahkan kepada Arya Fajri untuk film UNTOLD, Best Cinematography diraih oleh Musthafa Halim pada film RUTHLESS dan Best Short Movie berhasil diraih oleh film SYCHO IN ME. (*)


Editor: M Ikhwan