Terima Arsip Kerajaan dari ANRI, Gubri: Sangat Bermanfaat bagi Riau
Cari Berita

Advertisement

Terima Arsip Kerajaan dari ANRI, Gubri: Sangat Bermanfaat bagi Riau

Selasa, 17 Mei 2022

Gubri, Syamsuar saat menerima dokumen salinan arsip kerajaan yang ada di Provinsi Riau yang diserahkan langsung Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Imam Gunarto di Hotel Pangeran Pekanbaru, Selasa (17/05/2022). ist


PEKANBARU, PARASRIAU.COM - Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar mengucapkan terima kasih atas penyerahan dokumen salinan arsip kerajaan yang ada di Provinsi Riau yang diserahkan langsung oleh Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Imam Gunarto yang berlangsung di Hotel Pangeran Pekanbaru, Selasa (17/05/2022).


"Terima kasih juga kepada ANRI, tadi kami juga  menerima dokumen arsip nasional berupa dokumen kerajaan yang ada di semua daerah di Provinsi Riau ini yang selama ini belum ada di Riau," katanya.


Ia menyampaikan, tentunya dokumen ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat terutama pemangku adat istiadat yang ada di kabupaten dan kota di Riau. Terutama di daerah yang masih ada bekas peninggalan kerajaan, sehingga dokumen ini sebagai bukti untuk melestarikan kegiatan adat istiadat yang ada di Provinsi Riau.


"Untuk itu, atas nama  Pemprov Riau dan rakyat Riau, kami sampaikan terima kasih melalui Bapak Kepala ANRI  yang telah memberikan bukti - bukti sejarah dari semua kerajaan yang ada di Provinsi Riau," ujarnya.


Ia juga mengungkapkan, bahwa beberapa tahun lalu saat dirinya masih menjabat sebagai Bupati Kabupaten Siak, pihaknya juga pernah mengunjungi Kantor ANRI. Saat kunjungan tersebut, ia melihat dokumen sejarah kerajaan di Provinsi Riau ini.


"Alhamdulillah kami juga telah diberikan bukti sejarah Siak, melalui Kepala ANRI yang disampaikan pada hari ulang tahun Kabupaten Siak pada beberapa tahun lalu," sebutnya.


Ia melanjutkan, saat menjabat sebagai Gubernur Riau pihaknya juga telah menyampaikan kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Riau untuk memberikan surat kepada ANRI untuk mendapatkan dokumen sejarah kerajaan yang ada di Provinsi Riau.


"Saat itu Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Riau masih ibu (alm) Rahima Erna, saya minta buatkan surat kepada ANRI. Dan alhamdulillah, pada hari ini Provinsi Riau kita telah mendapatkan dokumen ini," ungkapnya.


Oleh karena itu, orang nomor satu di Riau ini menuturkan, untuk memanfaatkan dokumen sejarah kerajaan di Provinsi Riau ini dengan baik untuk kemajuan bangsa dan sekaligus menghargai jasa-jasa sultan yang bertahta di Provinsi Riau.


"Terima kasih dan apresiasi kepada ANRI. Semoga ini jadi amal jariyah Kepala ANRI dan jajaran dan bagi kita semua," harapnya. (*)


Editor: M Ikhwan