Halal bi Halal IKPM Pekanbaru-Riau, Wagubri: Cari Ridho Allah Berdasarkan Keikhlasan
Cari Berita

Advertisement


Halal bi Halal IKPM Pekanbaru-Riau, Wagubri: Cari Ridho Allah Berdasarkan Keikhlasan

Sabtu, 07 Mei 2022

Foto bersama Wagubri H Edi Natar dengan seluruh pengurus IKPM Gontor Cabang Pekanbaru-Riau dan alumni dan wali santri di acara Halal bi Halal di kediaman H Aris Abeba. ist


PEKANBARU, PARASRIAU.COM - Wakil Gubernur Riau, Brigjen TNI (Purn) H Edi Natar Nasution, 6 Syawwal 1443 H bertepatan dengan 7 Mei 2022 menghadiri acara Halal bi Halal Ikatan Keluarga Pondok Modern (IKPM) Cabang Pekanbaru-Riau.


Acara yang digelar di kediaman salah seorang alumni senior yang juga budayawan Riau, H Aris Abeba juga dihadiri oleh seluruh santri-santriwati, ustadz-ustazah, wali santri dan para alumni Pondok Modern Darussalam Gontor se-Provinsi Riau. Juga wakil pimpinan Ponpes Gontor Putri 7 dan wakil pimpinan Ponpes Gontor Putra 12 yang berjumlah sekitar 200-an hadirin.



Pada acara Halal bi Halal IKPM Darussalam Gontor Cabang Pekanbaru-Riau ini mengambil tema "Sucikan Hati Jalin Silaturahmi di Hari yang Fitri".



Wakil Gubernur Riau (Wagubri), H Edi Afrizal Natar Nasution dalam sambutannya mengatakan bahwa dirinya berada di tempat yang dipilih karena berkumpul bersama orang-orang baik itu alumni dan keluarga besar Ikatan Alumni dan para wali santri Ponpes Gontor Ponorogo.


Penyerahan buku Himpunan Kultum Sang Jendral 

Beliaw juga mengakui bahwa dirinya mengaku telah menjadi "Cucu Gontor" karena sudah banyak belajar dan menimba ilmu dari para ustadz dan alumni Ponpes Gontor. Baik yang ada di Riau maupun di daerah-daerah lain.


Beliau juga menceritakan sejarah kata sejak Halal bi Halal yang dimulai Bulan Ramadhan tahun 1948 di saat masa kepemimpinan Presiden Soekarno.



"Maka sejak itu pulalah penggunaan istilah Halal bi Halal itu digunakan di kalangan masyarakat. Untuk itu, dalam rangka halal bi halal mari kita tingkatkan hubungan silaturahmi kita," harapnya.


Wagubri juga mengajak semua untuk mencari Ridho Allah Subhanahu Wata'ala dan bukan izin Allah yang disertai dan didasari keikhlasan. 



"Tidak mungkin kita bisa hadir di tempat ini, kecuali berdasarkan sifat ikhlas. Karena sifat ikhlas inilah sebagai dasar keberhasilan kita," ujarnya menasehati.


Dalam kesempatan ini, Wagubri juga mengungkapkan bahwa dirinya juga pernah menulis buku yang berjudul "Himpunan Kultum Sang Jendral". 



"Dan tujuan diluncurkannya buku ini pertama sebagai motivasi, koreksi dan amal jariyah. Semoga buku ini bermanfaat bagi kita semua dan terutama bagi kamu yang menulisnya," tutupnya.


Panitia Halal bi Halal, H Aris Abeba yang juga Seniman dan Budayawan Riau menyampaikan bahwa Halal bi Halal ini diselenggarakan berkat kerjasama seluruh alumni Ponpes Darussalam Gontor Ponorogo dan menghadirkan Wagubri H Edi Natar pada hari 6 Syawwal ini.



Pada acara Halal bi Halal ini juga menampilkan pembacaan puisi yang berjudul "Talang di Atas Langit Palestina" yang dibacakan oleh H Dheni Kurnia yang juga wartawan senior dan Seniman Riau bersama Qori Islami anak dari H Aris Abeba.


Ketua IKPM Pekanbaru-Riau, H Fajeriansyah, Lc, MA dalam sambutannya menyampaikan terima kasih yang tak terhingga atas kesediaan Wagubri untuk sama-sama menghadiri dan memeriahkan acara Halal bi Halal IKPM Gontor Cabang Pekanbaru-Riau ini.


Ketum IKPM Gontor Cabang Pekanbaru-Riau ini juga menceritakan pengalaman unik dan berkesan selama hidup di Ponpes Gontor sejak masuk hingga menamatkan dirinya di ponpes tersebut di hadapan Wagubri dan seluruh hadirin.


juga berpesan agar para orang tua juga menyekolahkan anak-anak mereka ke lembaga pendidikan Agama Islam terutama pondok pesantren sebagai bekal untuk hidup di dunia dan akhirat bagi diri sendiri dan keluarga. Karena pendidikan di pondok pesantren tersebut banyak memberikan bekal untuk hidup di dunia maupun akhirat kelak. 


Di akhir acara juga dilakukan buku yang ditulis oleh Wagubri H Edi Natar yang diberi judul 'Himpunan Kultum Sang Jenderal' kepada pengurus IKPM Gontor Cabang Pekanbaru-Riau yang diterima langsung oleh Ketum IKPM Gontor Cabang Pekanbaru-Riau.


Acara Halal bi Halal ditutup dengan doa yang dibacakan oleh KH Misran Agusmar Umar, Lc. pr2


Penulis: M Ikhwan