Hadapi Libur Lebaran, IOH Optimalkan Jaringan di 300 Titik Keramaian Seluruh Indonesia
Cari Berita

Advertisement


Hadapi Libur Lebaran, IOH Optimalkan Jaringan di 300 Titik Keramaian Seluruh Indonesia

Kamis, 21 April 2022

Director and Chief Regulatory Officer IOH Muhammad Buldansyah (tengah), SVP Head of Corporate Communications IOH Steve Saerang (kiri) dan SVP Head of Network Operation IOH, Agus Sulistyo (kanan).


JAKARTA, PARASRIAU.COM - Dengan visinya menjadi perusahaan telekomunikasi digital yang paling dipilih di Indonesia, Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) menyatakan kesiapannya menghadapi masa libur lebaran tahun ini.


Dimana IOH melakukan optimalisasi jaringan pada 300 titik pusat keramaian di seluruh tanah air. Seperti destinasi wisata, pusat perbelanjaan, masjid, tempat peristirahatan, bandara, stasiun, terminal dan pelabuhan.


"Berbekal pengalaman di masa Ramadhan dan Lebaran tahun sebelumnya, IOH mengantisipasi peningkatan traffic data tertinggi di Botabek, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawbertuju," sebut Chief Technology Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Desmond Cheung melalui keterangan tertulis yang dikirimkan ke media, Rabu (20/04/2022).


Sebagai upaya mengantisipasi mobilitas pelanggan ke kampung halaman, sebut Desmond Cheung, IOH juga melakukan optimalisasi jaringan di beberapa rute mudik seperti antara Jakarta dan Surabaya. 


"Dengan jaringan IOH yang terintegrasi, pelanggan IM3 maupun Tri akan mendapatkan pengalaman telekomunikasi digital yang lebih baik," katanya sembari menyampaikan, komitmen memberikan pengalaman telekomunikasi digital terbaik bagi pelanggan, khususnya di masa libur lebaran tahun ini, semakin diperkuat dengan diaktifkannya command center fisik terpusat sejak H-3 lebaran. Dengan dukungan lebih dari 2.000 petugas teknis yang bersiaga sepanjang waktu, tim IOH Network Operation Center (INOC) dan IOH Service Operation Center (ISOC) akan memantau ketersediaan dan kualitas jaringan secara nasional selama 24/7. Layanan pelanggan melalui berbagai saluran juga disiagakan untuk memberikan dukungan atas kendala yang mungkin dialami pelanggan selama masa liburan.


“Prioritas utama kami adalah memaksimalkan pengalaman pelanggan. Kesiapan jaringan yang terintegrasi lewat teknologi MOCN, peningkatan kapasitas data, optimalisasi jaringan di berbagai POI dan rute mudik, monitoring yang intensif melalui command center terpusat, serta kesiagaan saluran layanan pelanggan, diharapkan mampu memberikan pengalaman baru yang menyenangkan bagi pelanggan dalam menggunakan layanan IOH. Kami berharap dengan ekosistem digital lengkap akan memaksimalkan keseruan libur lebaran pelanggan bersama keluarga tercinta di kampung halaman,” harap Desmond.


Dikatakannya, IOH yang resmi beroperasi pada awal Januari tahun ini, kini baru berumur sekitar 100 hari telah melakukan integrasi jaringan secara bertahap untuk memberikan pengalaman telekomunikasi digital pelanggan yang lebih baik.


Pada akhir tahun 2022, IOH akan mengintegrasikan lebih dari 43 ribu sites. Integrasi memberikan peningkatan layanan indoor coverage dan penambahan kapasitas dengan pemanfaatan kerapatan sites dan lebar pita dari jaringan sebelumnya.


Tidak itu saja, IOH telah menyiapkan kapasitas data sekitar 30 persen untuk lonjakan traffic per hari dibandingkan dengan tahun lalu. Kenaikan tersebut diprediksi akan dikontribusi oleh meningkatnya penggunaan aplikasi berbasis video dan pengiriman pesan seperti YouTube, TikTok, Instagram, Facebook, dan juga WhatsApp.


Sebagai tambahan, IOH akan menambahkan lebih dari 11 ribu sites baru di beberapa tahun mendatang untuk lebih memperluas jaringan dan meningkatkan pengalaman pelanggan IM3 maupun Tri.


“Sejak resmi bergabung menjadi IOH, kami langsung melakukan pilot project pengintegrasian jaringan dengan teknologi Multi Operator Core Network (MOCN). Hal itu bertujuan agar kami dapat segera mewujudkan layanan telekomunikasi digital berkelas dunia dengan kecepatan dan jangkauan jaringan yang lebih baik kepada pelanggan. Dalam rangka menyambut masa libur lebaran tahun ini, di mana sebagian besar masyarakat Indonesia akan kembali berkumpul bersama keluarga tercinta di kampung halaman, kami telah melakukan segala persiapan untuk mendukung kebutuhan telekomunikasi digital mereka," papar Desmond Cheung. (*)


Editor: M Ikhwan