Gubri Berharap Media Online yang Tergabung dalam SMSI Bisa Membantu Program Pemerintah
Cari Berita

Advertisement


Gubri Berharap Media Online yang Tergabung dalam SMSI Bisa Membantu Program Pemerintah

Minggu, 24 April 2022

Gubernur Riau, H Syamsuar secara simbolis menyerahkan bantuan dana hibah APBD Riau yang diterima Ketua SMSI Riau H Novrizon Burman SE, Ahad (24/4-2022).


PEKANBARU, PARASRIAU.COM - Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar menyampaikan bahwa peran media penting bagi pemerintah. Keberadaannya sangat membantu segala bentuk kebijakan pemerintah dan informasinya tersampaikan ke masyarakat secara luas.


“Tentunya keberadaan media siber ini memang sangat dibutuhkan. Apalagi saat ini masyarakat luas sudah sangat mudah mendapatkan informasi terkini melalui media online,” ungkap Gubri Syamsuar pada kegiatan silaturrahmi dengan pengurus Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Provinsi di Hotel Alpha, Pekanbaru, Ahad (24/4/2022).

 


Menurutnya, hadirnya media online atau media siber membuat masyarakat mampu memperoleh informasi secara cepat. Meski demikian, Gubri juga mengingatkan kepada media untuk tetap mengutamakan aturan yang berlaku sesuai aturan.


“Bagaimanapun, kami dari tidak pemerintah kadang-kadang sulit membedakan mana yang memenuhi persyaratan, mana yang tidak,” ucapnya.



Gubri berharap dukungan dari SMSI Provinsi Riau untuk bekerja sama dengan pemerintah daerah dalam menyampaikan berita dan informasi yang benar kepada masyarakat. 


"Sehingga tentunya dapat membantu tugas kami sebagai pemerintah yang perlu nantinya mendapatkan dukungan media untuk disampaikan kepada khalayak ramai," harapnya. 



Apalagi, lanjut Gubri, saat ini kebiasaan masyarakat sudah berubah. Dari awalnya membaca atau mendapatkan berita dan informasi dari surat kabar dan televisi, sekarang dapat diperoleh dari berbagai media online. 


Gubri juga mengingatkan kepada media untuk tetap mengutamakan aturan yang berlaku sesuai kode etik jurnalistik.

 

Gubri juga berharap, dengan adanya kerjasama yang baik ini, sehingga dapat saling berkomunikasi untuk memberikan masukan terbaik untuk kemajuan Riau yang lebih baik ke depan. 


Di musim pandemi ini, kata Syamsuar, pemerintah sangat berharap agar informasi terkait pemulihan ekonomi dan manfaat vaksinasi dosis 1 sampai booster bisa sampai ke masyarakat.


"Kami berharap dukungan media juga bisa menyampaikan kepada masyarakat," pinta Syamsuar.


Gelar Rakerda dan Bimtek


Sementara itu, Ketua SMSI Provinsi Riau, Novrizon Burman dalam sambutannya juga menjekaskan bahwa SMSI Riau bersama asosiasi media di Provinsi Riau, seperti Serikat Perusahaan Pers (SPS), Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) dan Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) merupakan organisasi media yang sudah terverifikasi dewan pers.


“Jadi mungkin seperti tahun kemarin, kita membackup Pak Gubernur terutama dalam ekosistem media yang baik di Riau,” ujarnya.


Selanjutnya, Novrizon menyampaikan bahwa pada tanggal 23 Mei mendatang akan dilakukan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Serikat Media Siber Indonesia di Yogyakarta.


Oleh karena itu, ia berharap Gubernur Riau dapat menjadi pembicara atau keynote speaker bersama Kapolda Riau dan Dibantu Kadis Kominfotik Riau. "Mudah-mudahan Pak Gub bisa hadir," harapnya.


Di akhir acara silaturahmi ini sebelum berbuka puasa, diisi dengan Tausiyah dan doa serta tanya jawab yang disampaikan oleh Ustadz H Muhammad Ikhwan, Lc, MA dengan tema "Indahnya Silaturahmi dan Berbagi di Bulan Suci Ramadhan," pr2


Penulis: M Ikhwan