Expose Kesiapan MTQ Provinsi ke XL, Bupati: Seluruh Panitia Harus Kerjasama dan Bahu Membahu
Cari Berita

Advertisement


Expose Kesiapan MTQ Provinsi ke XL, Bupati: Seluruh Panitia Harus Kerjasama dan Bahu Membahu

Minggu, 17 April 2022



BAGANSIAPIAPI, PARASRIAU.COM - Perhelatan akbar Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke XL tingkat Provinsi Riau tinggal menghitung bulan karena pemerintah Kabupaten Rokan Hilir sudah memutuskan bahwa pelaksanaan MTQ ke XL tingkat Provinsi Riau dilaksanakan pada hari Senin 24 Juli tahun 2022. Adapun tema MTQ XL tingkat Provinsi Riau " Kita Bangun Generasi Qurani yang Cerdas dan Berakhlakul Karimah Menuju Riau yang Beradab dan Bermartabat".


Bupati Rokan Hilir, Afrizal Sintong pada saat membaca expose tentang persiapan pelaksanaan MTQ ke XL tingkat Provinsi Riau tahun 2022, menambahkan bahwa dasar hukum pelaksanaan MTQ ke XL adalah SK Gubri No. Kpts. 1195/VII/2020 tentang Penunjukan Sebagai Tuan Rumah MTQ Tingkat Provinsi Riau, SK Bupati Rohil No.186 tahun 2022 tentang Pembentukan Panitia Penyelenggara dan Petugas Musabaqoh Tilawatil Qur'an XL Tingkat Provinsi Riau dan Surat LPTQ Riau Nomor : 016/LPTQ-Riau/ IV/2022 Hal Petunjuk Teknis Penyelenggara MTQ XL Tingkat Provinsi Riau Tahun 2022.



Sumber pembiayaan MTQ ke XL tingkat Provinsi Riau tahun 2022, kata Afrizal, berasal dari Bankeu Provinsi Riau sebesar Rp 7,5 M, APBD Rohil Rp 3,4 M dan bantuan Pihak ke 3 yang tidak mengikat. Dalam kesempatan itu, Bupati meminta semua pihak agar mendukung dan bahu membahu untuk mensukseskan pelaksanaan MTQ ke XL tingkat Provinsi Riau tahun 2022.


“Jika ada kekurangan harus diperbaiki dan harus ditingkatkan harus ditingkatkan sehingga MTQ 2022 lebih baik dari tahun sebelumnya," kata Bupati setelah mendengarkan aspirasi dari utusan dari 12 Kabupaten/ Kota se Provinsi Riau sebagai bahan masukan untuk menyiapkan persiapan MTQ XL tahun tingkat Riau tahun 2022 , pada hari Sabtu (16/04/2022).


Sementara itu, di tempat sama, Gubernur Riau, Syamsuar, M,Si menyampaikan bahwa saat MTQ tingkat Provinsi Riau sudah tiga tahun tidak dilaksanakan. Sedangkan, peserta dari Provinsi Riau, malah ikut dalam ajang MTQ tingkat Nasional. 



"Semoga kita bisa ikut dalam ajang MTQ tingkat nasional di Banjarmasin Kalimantan Selatan yang akan datang," kata Syamsuar. 


Gubernur berharap cabang Hadis agar diikut sertakan dalam setiap acara mengingat cabang tersebut sering menang dalam ajang tingkat nasional. Ajang MTQ ini juga, sambung Gubernur bertujuan untuk mencetak generasi penghafal Al-Qur'an dan juga tolok ukur dari keberhasilan guru ngaji, guru tahfiz dan guru kaligrapphy yang berada di kampung dengan membawa santrinya ke tingkat lokal dan Nasional. 


Mengenai pembangunan Astaqa MTQ dari utusan dari masing-masing Kabupaten, Gubernur berpesan tidak perlu megah, namun yang terpenting produk didalamnya harus lebih inovasi yang dikemas dalam bentuk digitalisasi. Apalagi zaman sekarang, promosi produk lebih cendrung ke era digitalisasi. 


Dikatakan Syamsuar, penyelenggaraan MTQ ke XL tingkat Provinsi Riau ini, harus benar-benar dimanfaatkan oleh seluruh lapisan masyarakat, sebagai ajang promosi daerah, mulai dari promosi pariwisata, promosi UMKM, serta dijadikan sebagai peluang untuk menggeliatkan perekonomian masyarakat.


"Kunci sukses yang kelima ini sangat penting sekali. Banyaknya peserta yang akan hadir di Bagansiapiapi nanti, harus dijadikan peluang untuk menggerakkan perekonomian masyarakat," ujarnya.


Untuk mewujudkan semua itu, sambung Syamsuar, tentunya tidak hanya bisa dilakukan Pemda Rokan Hilir saja, tetapi perlu dukungan dan kesiapan dari seluruh elemen masyarakat.


Sudah pasti, semua harus didukung kesiapan pemerintah dan masyarakat Rokan Hilir untuk mengambil peluang itu. Begitupun hotel yang menyediakan 771 kamar dan 15 restoran dan fasilitas lainnya, serta produk yang ditawarkan baik jasa maupun barang hingga kesiapan tujuan wisata itu, sudah harus dipersiapkan dengan baik.


Kegiatan MTQ ke X Tingkat Provinsi Riau tahun 2022 ini, terdapat 9 Cabang yang akan diperlombakan, jumlah itu adalah total peserta untuk perlombaan individu dan kelompok. Cabang perlombaan individu adalah Cabang Tartil untuk golongan Cacat Netra. Kemudian Cabang Tilawah untuk Golongan Remaja dan Golongan Anak-Anak. Cabang Tilawah golongan Dewasa dan Golongan Qirsab Mujawwad Dewasa. Cabang Tahfiz Golongan 1 Juz dan Tilawan dan Golongan 5 Juz dan Tilawah.


Selanjutnya Cabang Tahfiz dengan Golongan 10, 20 dan 30 Juz. Cabang Tafsir Golongan Bahasa Indonesia, Golongan Bahasa Arab, Golongan Bahasa Inggris. Kemudian Cabang Syarhil, Regu Putra dan Regu Putri. Kemudian Cabang Khat/Kaligrafi Golongan Naskah, Golongan Dekorasi, Golongan Hiasan Mushaf dan Golongan Kontemporer. Terakhir Cabang Hadis untuk Golongan 100 Hadis dan Sanad dan Golongan 500 Hadis tanpa Sanad.


Dalam ekspose penyelenggaraan MTQ ke XL tingkat Provinsi Riau ini dihadiri oleh Gubernur Riau, Syamsuar. M.Si, Bupati Rokan Hilir, Afrizal Sintong, Wakil Bupati Rokan Hilir, Sulaiman Azhar, Sekda, Asisten LPTQ Prrov Riau, Ahmadsyah Harofie, Staf Ahli Provinsi Riau dan Kadiskominfotik Rokan Hilir, Indra Gunawan, SE. (*)


Editor: M Ikhwan