Bupati dan Wabup Rohil Ikuti Rakor Karhutla Bersama Gubernur Riau Secara Virtual
Cari Berita

Advertisement


Bupati dan Wabup Rohil Ikuti Rakor Karhutla Bersama Gubernur Riau Secara Virtual

Senin, 11 April 2022



ROKANHILIR, PARASRIAU.COM - Gubernur Riau H Syamsuar secara langsung memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) secara virtual yang diikuti seluruh Bupati, Walikota serta Forkopimda se-Provinsi Riau, Senin (11/4/2022).


Untuk Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) rapat koordinasi diikuti Bupati Rohil Afrizal Sintong, Wabup H Sulaiman, Dandim 0321 Rohil Letkol Inf M Erfani SH M.Tr, Kapolres Rohil AKBP Nurhadi Ismanto, perwakilan Kejari Rohil, Sekda Rohil serta beberapa unsur lainnya. 


Rakor tersebut di laksanakan sebagai tindak lanjut penyampaian hasil vidcon sebelumnya yang telah dilaksanakn bersama BNPB, Mendagri, Mentri Lingkungan Hidup, Polri, TNI dan para forkopimda provinsi seluruh Indonesia.


Dalam Arahan Presiden sebelumnya yang disampaikan Gubernur untuk memprioritaskan upaya pencegahan, melalui deteksi dini, pemantauan daerah rawan hotspot, dan pemantauan kondisi harian di lapangan.


Presiden juga meminta agar infrastruktur pemantauan dan pengawasan harus sampai ke bawah dengan melibatkan Babinsa, Bhabinkamtibmas, kepala desa dalam penanganan karhutla serta mengajak tokoh agama dan tokoh masyarakat untuk memberikan edukasi terus menerus kepada masyarakat.


Mencari yang permanen agar korporasi dan masyarakat membuka lahan dengan tidak membakar, penataan ekosistem di kawasan hidrologi gambut harus terus dilanjutkan, tidak membiarkan api membesar, harus waspada dan jangan terlambat sehingga api sulit dikendalikan.


Langkah penegakan hukum dilakukan tanpa kompromi dengan memberikan sanksi yang tegas sehingga ada efek jera bagi para pelaku.


Gubernur Riau dalam Arahnya meminta kepada seluruh Bupati, Walikota serta Forkopimda agar menyampaikan sosialisasi kepada masyarakat bahwa saat ini sudah memasuki musim kemarau dan rawan terjadi karhutla.


Gubernur juga meminta agar setiap kabupaten maupun kota agar menyiapkan Posko Satgas karhutla serta menyiapkan sarana dan dana untuk persiapan penanganan Karhutla. 


"Dengan adanya dashboard lancang kuning yang sangat membantu kita untuk bergerak cepat dalam penanganan Karhutla, bila diperlukan agar dalam komunikasi dengan BNPB Provinsi Riau," sebut Gubernur. 


Sementara itu, Bupati Rohil Afrizal Sintong mengatakan bahwa, untuk Kabupaten Rohil sendiri masalah Karhutla masih tergolong minim dan baru terjadi di beberapa titik.


Hal ini terus berlanjut, tidak terlepas dari kerja keras semua baik pemerintah daerah, TNI, Polri serta yang lainnya secara aktif melakukan tindakan pencegahan sejak dini.


Pemerintah daerah bersama Forkopimda katanya lagi, terus melakukan berbagai langkah dan upaya dalam penanganan bencana Karhutla di seluruh wilayah Kabupaten Rohil. 


Apalagi ditambah, masalah Karhutla merupakan masalah lama dan hampir setiap tahun terjadi. Namun sebut Bupati, untuk Rohil di dua tahun terakhir bencana Karhutla dapat teratasi dengan baik.


Sehingga Bupati juga meminta dan menghimbau seluruh masyarakat dan elemen agar bersama-sama melakukan pencegahan terjadinya Karhutla di Rohil. (*)


Editor: M Ikhwan