Riau Boyong Juara Sayembara Puisi Multimedia Tingkat Nasional, Gubri Beri Apresiasi
Cari Berita

Advertisement


Riau Boyong Juara Sayembara Puisi Multimedia Tingkat Nasional, Gubri Beri Apresiasi

Rabu, 09 Februari 2022



KENDARI, PARASRIAU.COM - Komunitas Seni Rumah Sunting Pekanbaru berhasil meraih juara pertama Lomba Baca Puisi Multimedia yang dilaksanakan Seksi Kebudayaan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat sempena Hari Pers Nasional (HPN) 2022 dan HUT k-76 PWI di Kendari, Selasa (8/2/2022) malam. Komunitas Seni Rumah Sunting pimpinan Kunni Masrohanti yang juga Pengurus PWI Riau Bidang Seni Budaya itu berhak memperoleh hadiah uang Rp10 juta. 


Lomba Puisi Multimedia itu mengambil tema Bangkit dari Corona. Komunitas Seni Rumah Sunting membawakan puisi berjudul Semah Tanah karya Kunni Masrohanti. Puisi ini mengisahkan tentang semangat bangkit dari dampak Corona. Komunitas Seni Rumah Sunting menghadirkan Icam Dompas dan Muhammad Ade Putra sebagai pembaca puisi dan Agus Salim sebagai pemusik.


Lima finalis tampil langsung membawakan visualisasi puisi di panggung Purna MTQ Kendari. Penampilan mereka disaksikan ratusan pasang mata terutama wartawan dari seluruh tanah air. Sebelum masuk final, visualisasi puisi dinilai dari rekaman dalam bentuk multimedia yang dikirim ke panitia. 


Tim juri terdiri dari Noorca M. Massardi (Ketua merangkap anggota), Dheni Kurnia (anggota) dan Syaifuddin Gani (anggota). Setelah mengamati, menganalisis dan menilai penampilan lima kelompok finalis serta mempertimbangkan kriteria penghayatan, ekspresi, vokal, kreativitas dan keunikan penampilan setiap kelompok, maka tim juri memutuskan dan menetapkan Komunitas Seni Rumah Sunting sebagai juara pertama. 


Selanjutnya, 'Panggung Toktan' dengan puisi berjudul 'Seperti pada awalnya' sebagai pemenang kedua dengan hadiah Rp7 juta. KelompoK Sumatera Barat dengan puisi berjudul 'Ratapan Jendela' sebagai pemenang ketiga dengan hadiah senilai Rp5 juta. 


Sedangkan pemenang harapan I diraih oleh Kelompok Bali dengan puisi berjudul 'Mentari Merekah Gemilang'  dengan hadiah Rp1,5 juta.  Sementara pemenang harapan dua disabet Kelompok Jawa Timur dengan puisi berjudul 'Catatan Di Kota  Sunyi' dan berhak mendapat hadiah senilai Rp1,5 juta. 


Tim juri mengucapkan selamat kepada para pemenang. ''Semoga kita kembali ke kampung halaman masing-masing dalam keadaan sehat walafiat dan selalu menjaga protokol kesehatan,'' ujar Noorca ketika membacakan hasil penilaian. 


Hadiah diserahkan oleh Ketua Seksi Kebudayaan PWI Pusat Ramon Damora. Dia memberikan apresiasi kepada pemenang yang telah berjuang maksimal hingga menyisihkan peserta lain. Mantan Ketua PWI Kepri ini berharap tahun depan makin banyak peserta lomba baca puisi multimedia ini.


Kemenangan dua kelompok dari Riau ini disambut gembira oleh Gubernur Riau Drs H Syamsuar MSi yang juga hadir di Kendari untuk mengikuti berbagai rangkaian kegiatan HPN. 


''Alhamdulillah, bersyukur kepada Allah SWT dan selamat sukses kepada dua peserta sayembara puisi multimedia, Rumah Sunting dan Toktan dari Riau yang berhasil memperoleh juara 1 dan 2 terbaik Nasional. Kami atas nama Gubernur Riau mengapresiasi dan terima kasih kepada Adinda Kunni dan Bang Aris Abeba atas karya terbaik untuk rakyat Riau dan bangsa Indonesia,'' katanya. 


Dilanjutkan Gubri, walaupun di tengah pandemi Covid-19, Rumah Sunting dan Panggung Toktan masih bisa memberikan karya terbaiknya yang patut menjadi tauladan bagi semua dalam mewujudkan Riau berdaya saing dan Riau lebih baik. 


''Sekali lagi selamat untuk adinda Kunni dan Bang Aris Abeba yang hebat. Teruslah berkarya untuk bangsa dan negara yang kita cintai ini. Semoga sehat selalu,'' tutupnya. (*)


Editor: M Ikhwan