UMSU dan UIR Komit Berkolaborasi untuk Pengembangan Pendidikan
Cari Berita

Advertisement


UMSU dan UIR Komit Berkolaborasi untuk Pengembangan Pendidikan

Minggu, 23 Januari 2022



MEDAN, PARASRIAU.COM - Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) dan Universitas Islam Riau (UIR) komitmen berkolaborasi dalam mengembangkan pendidikan tinggi meliputi pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat.


Rektor UMSU, Prof. Dr Agussani, MAP kepada  media, Minggu (23/1) mengatakan, kerjasama UMSU dan UIR merupakan momentum steategis guna lebih meningkatkan kualitas pendidikan di masing-masing perguruan tinggi. Untuk itu, kesepakatan kerjasama yang dicapai bisa ditindaklanjuti dengan implementasi program.


"Kesepahaman kerjasama ini tentu tidak berhenti pada panandatanganan naskah MoU, tapi hendaknya langsung ditindaklanjuti dalam bentuk program dan aksi nyata dengan kolaborasi kegiatan lapangan," katanya.


Dijelaskan Rektor, UMSU dan UIR memiliki sumber daya yang bisa saling menguatkan dalam pengembangan program peningkatan dalam bidang pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat. Melalui kerjasama maka masing-masing perguruan tinggi bisa saling berkolaborasi dalam pemanfaatan fasilitas dan sumber daya manusia.


"Sebagai perguruan tinggi Islam, kita juga bisa saling bekerjasama dalam dakwah Islamiyah," katanya.


Lebih lanjut, kerjasama UMSU dengan UIR bisa  jadi momentum untuk saling belajar menimba pengalaman.  "Apalagi, UIR punya cakupan  pengalaman berkolaborasi dengan banyak perguruan tinggi bukan hanya dilingkup Asia namun juga Eropa. Tentu UMSU perlu banyak belajar," ungkap Agussani, sembari menambahkan, semoga penandatanganan MoU ini tidak hanya di atas kertas namun terus berlanjut agar kedua perguruan tinggi semakin maju. 


” Saya berharap para Wakil Rektor, Pimpinan Pascasarjana dan Program Studi dapat melanjutkan kerjasama yang sudah terjalin," jelas Rektor.


Sedangkan, Rektor UIR Prof. Dr. Syafrinaldi, S.H., M.C.L mengapresiasi atas pencapaian UMSU yang terus berkemajuan. "Kita berikan apresiasi kepada Rektor UMSU Prof. Agussani. UMSU ini sudah tidak asing lagi bagi saya sejak berdirinya Pascasarjana Hukum. Kami sebetulnya belajar dari UMSU, Rektor dan jajaran tentu tidak pelit dalam memberikan ilmu agar UIR dapat lebih maju," ujarnya.


UMSU merupakan salah satu mitra yang diharapkan  turut mendukung pencapaian UIR sehingga tidak hanya menjalin kolaborasi, Rektor UIR juga berkomitmen siap membantu ekspansi kerjasama Jerman dan UMSU di masa mendatang.


Sebelumnya, komitmen kerjasama ini ditandai dengan penandatanganan naskah MoU  yang dilaksanakan di Auditorium UMSU,  Jl. Kapten Muchtar Basri No.3 Medan, Sabtu (22/1). Penandatanganan langsung oleh Rektor UMSU, Prof. Dr. Agussani, MAP bersama Rektor UIR, Prof. Dr. Syafrinaldi, S.H., M.C.L.


Acara turut dihadiri Wakil Rektor 1, UMSU, Prof. Dr Muhammad Arifin, SH, MHum, WR 2,Dr Akrim, MPd,  Badan Pembina Harian (BPH) UMSU Prof, Nawir Yuslim,  Pimpinan Program Pascasarjana UMSU , dan para Pimpinan Program Studi di lingkungan UMSU. Hadir juga  Ketua Umum Yayasan Lembaga Pendidikan Islam Dr. Nurman, M.Si, Direktur Program Pascasarjana UIR Dr. Yusri Munaf, S.H, M.Hum, Ketua Program Studi S3 Hukum UIR Dr. Hj. Ellydar Chaidir, M.H serta Pimpinan Program Studi di lingkungan UIR. (*)


Editor: M Ikhwan