Sosialisasi Sistem Cashless, Pegadaian Ajak Masyarakat Manfaatkan Pembayaran Non Tunai
Cari Berita

Advertisement


Sosialisasi Sistem Cashless, Pegadaian Ajak Masyarakat Manfaatkan Pembayaran Non Tunai

Selasa, 21 Desember 2021


PEKANBARU, PARASRIAU.COM - Sistem pembayaran non tunai (cashless) saat ini gencar digunakan. Terlebih sejak pandemi Covid-19 berlangsung, cashless dianggap berkontribusi mencegah penyebaran virus Covid-19.

Oleh karena itu,  PT Pegadaian Kanwil II Pekanbaru juga gencar melakukan sosialisasi kepada para nasabahnya untuk melakukan pembayaran non tunai dibandingkan dengan pembayaran tunai.

"Pegadaian dari dulu sudah dekat dengan masyarakat. Pasti ingin memberikan pelayanan yang baik. semakin ke sini, banyak perubahan yang terjadi, teknologi tak bisa dihindari. Kita harus adaptif, mau nggak mau ya diikuti," kata Deputi Bidang Operasional Tita Agustini, Kamis (16/12/2021).

Kendati demikian, digitalisasi ini bukan berarti membuat Pegadaian meninggalkan sistem pembayaran tunai. Hal ini didasari, bahwa tak semua masyarakat bisa cepat beradaptasi dengan tenknologi-teknologi terbaru.

"Saat ini cashless lebih tepat, terlebih di masa pandemi. Tapi EDC ini alternatif, yang cash masih kita layani. Yang tidak mau ke outlet langsung bisa dilayani secara digital, karena kita punya Pegadaian Digital Service, memudahkan nasabah. Yang mau ke outlet secara langsung juga tidak masalah," jelasnya.

Kepala Bagian Analisa Bisnis & Evaluasi Kinerja Edo Pratama menambahkan pihaknya juga tak henti-henti mengedukasi masyarakat terkait transaksi secara digital, baik melalui aplikasi Pegadaian Digital Service dan Pegadaian Syariah Digital Service.

Ia mengakui, saat ini tak sedikit nasabah yang memilih melakukan transaksi secara digital. Edo mengungkapkan, selama pandemi, terjadi kenaikan transaksi digita di Pegadaian. Diharapkan ke depan, hadirnya digitalisasi ini bisa menggantikan outlet Pegadaian ke dalam aplikasi, sehingga masyarakat dapat bertransaksi di mana saja, kapan saja, tanpa harus ke outlet Pegadaian.

"Harapannya, aplikasi digital ini bisa menggantikan outlet untuk memudahkan nasabah dalam bertransaksi," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Humas & Protokoler Muthia Dharma menampik adanya biaya admin dalam transaksi melalui EDC. "Tidak ada tambahan biaya admin apapun melalui EDC," tegasnya.(pr-1)