Sepanjang Tahun 2021 Kejahatan Menurun, Kapolres: Terimakasih kepada Semua Pihak yang Mendukung Tugas Polri
Cari Berita

Advertisement


Sepanjang Tahun 2021 Kejahatan Menurun, Kapolres: Terimakasih kepada Semua Pihak yang Mendukung Tugas Polri

Jumat, 31 Desember 2021



SIAK, PARASRIAU.COM - Kapolres Siak, AKBP Gunar Rahadiyanto, SIK, MH, Kamis (30/12) kemarin memimpin konferensi pers akhir tahun 2021 Polres Siak dalam rangka memaparkan seluruh kegiatan penyelenggara Polres Siak selama 1 tahun. Kegiatan ini diselenggarakan di gedung serbaguna Endra Dharmalaksana Polres Siak. 


AKBP Gunar mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pertanggungjawaban Polres Siak pada negara menyampaikan kepada masyarakat atas kinerja dan capaian yang telah dilaksanakan selama tahun 2021. 


"Jumlah kejahatan selama tahun 2021 mengalami penurunan dari tahun 2020 sebanyak 20 persen dari 478 382 kasus. Tren perkara mengalami peningkatan jumlah persentase sebanyak 9 % penyelesaian perkaranya. Ini menunjukkan bahwa Polres Siak semaksimal mungkin melakukan penegakan hukum dan melaksanakan tugas," AKBP Gunar . 



Lanjutnya, untuk kejahatan yang menjadi atensi seperti salah satunya narkoba juga mengalami baik dari jumlah kasus, jumlah tersangka maupun barang buktinya. Di tahun 2020 ada 143 kasus, sedangkan di tahun 2021 sebanyak 137 kasus. Ini dikarenakan masivnya kegiatan yang dilakukan, seperti penegakan hukum dan pencegahan melalui imbauan-imbauan oleh Polres Siak. 


"Untuk Kanseltibcar Lantas, jumlah laka lantas di tahun 2021 meningkat dikerenakan salah satunya perkembangan pembangunan di Kabupaten Siak salah satunya kecelakaan di jalan tol.Jumlah pelanggaran lalu meningkat karena kita lebih menyadari dari penegakan hukum. Terlihat dari jumlah tilang menurun dan jumlah yang mengalami kenaikan ," lanjut AKBP Gunar. 


AKBP Gunar juga dijelaskan, untuk Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), secara keseluruhan Karhutla menurun drastis baik dari jumlah maupun jumlah lahan yang terbakar. Ini membuktikan bahwa upaya-upaya yang dilakukan Polres Siak bersama tidak terkait dengan berjalan dengan baik. 


"Kami berterima kasih kepada pihak yang telah mendukung tugas Polri, khususnya Polres Siak. Kita sama-sama berharap di tahun depan kerjasama antara Polres Siak dan media akan meningkat dengan baik. Karena media memberikan edukasi melalui pemberitaannya, tidak memuat berita yang tidak benar dan dapat memprovokasi. Tolong ingatkan kami untuk menjadi lebih baik lagi demi menciptakan keamanan dan perbaikan di masyarakat serta meningkatkan kualitas pelayanan tentunya lebih baik dari sebelumnya," tutup Kapolres Siak.


Sebelum acara berakhir, sejumlah awak media yang hadir dalam acara konferensi pers tersebut diberikan kesempatan untuk tanya jawab dan diskusi dengan Kapolres Siak. pr6


Editor: M Ikhwan