HNSI Rohil Komit Ikut Menjaga Kabtibmas Lingkungan
Cari Berita

Advertisement


HNSI Rohil Komit Ikut Menjaga Kabtibmas Lingkungan

Minggu, 05 Desember 2021

HNSI Rohil memperlihatkan spanduk kesiapan ikut menjaga Kamtibmas di daerahnya, Sabtu (27/11/2021). ist


PEKANBARU, PARASRIAU.COM - Semua harus mengambil peran dalam menciptakan ketentraman di lingkungan masing-masing. Tanpa peran masyarakat, ketenangan yang menjadi syarat hidup nyaman akan sulit terwujud. Itu pula yang menjadi landasan bagi Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Rokan Hilir untuk menyatakan komitmennya ikut menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di daerahnya.


Ketua HNSI Rohil, Junaidi mengatakan, organisasi yang dipimpinnya senantiasa ikut untuk bersama-sama menjaga ketertiban di lingkungan masing-masing. Setiap anggota diminta ikut mengajak masyarakat, terutama anggota keluarga untuk mendukung upaya pihak keamanan menciptakan keamanan di tengah-tengah masyarakat.


Sebagian besar masyarakat di wilayah perairan Rohil menggantungkan sumber ekonominya pada hasil laut, sebagai nelayan. Itu sudah berjalan turun- temurun dari para pendahulunya. Sebab itu, anggota HNSI merasa berkewajiban untuk menjaga perairan yang menjadi sumber kehidupan. Termasuk memelihara situasi keamanan dan ketertiban di wilayah perairan Rokan Hilir secara umum


Termasuk juga menghindari aksi main hakim sendiri saat menemukan kapal nelayan asing atau nelayan dari luar Rohil yang menangkap ikan menggunakan alat tangkap pukat harimau di perairan Rohil. Jalan terbaik adalah melaporkan temuan kepada pihak berwajib, baik ke kepolisian, atau ke instansi terkait lainnya. ‘’Kami mengingatkan seluruh anggota HNSI agar melaporkan setiap menemukan ada kegiatan mencurigakan yang mengarah kepada gangguan Kamtibmas di wilayah Kabupaten Rohil,'' ujar Junaidi, Sabtu (27/11).


Junaidi juga mengharapkan adanya perhatian khusus dari pemerintah tentang kegiatan pencurian ikan yang dilakukan oleh nelayan asing di wilayah pulau jemur Rokan Hilir. Sehingga potensi perairan di daerah itu bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh warga Rohil. (*)


Editor: M Ikhwan