Sabtu Mendatang, Empat Kader Terbaik Bakal Bertarung di Mubes IKMR IV
Cari Berita

Advertisement


Sabtu Mendatang, Empat Kader Terbaik Bakal Bertarung di Mubes IKMR IV

Rabu, 10 November 2021



PEKANBARU, PARASRIAU.COM - Sejumlah nama muncul sebagai calon Ketua Umum Ikatan Keluarga Minang Riau (IKMR) Provinsi Riau menjelang dilaksanakannya Musyawarah Besar (Mubes) IV, Sabtu mendatang. Diantaranya, Nurzahedy alias Eddy Tanjung, Jon Erizal, Marjoni Hendri dan Darmansyah Malik. 


H. Basrizal Koto yang sudah empat periode memimpin organisasi warga Riau asal Minang. Itu dipastikan tidak akan maju lagi sebagai Ketua Umum IKMR Provinsi Riau. Pak Basko -- demikian biasa dipanggil -- akan menjadi Ketua Dewan Pembina IKMR Provinsi Riau. 


Ketua Panitia Pengarah (SC) Mubes IV IKMR Provinsi Riau, H. Fendri Jaswir kepada wartawan di Pekanbaru, Rabu (10/11/2021) mengatakan, Pak Basko sudah legowo untuk menyerahkan kepemimpinan IKMR ke generasi penerusnya. 


"Pak Basko kita tempatkan pada tempat terhormat sebagai Ketua Dewan Pembina IKMR Provinsi Riau. Dewan Pembina punya wewenang yang cukup kuat di IKMR Provinsi Riau," ujar mantan anggota DPRD Riau ini. 


Keempat calon Ketum IKMR itu, kata Fendri, adalah kader terbaik Pak Basko. Mereka semua kini berada di kepengurusan inti IKMR Provinsi Riau. Eddy Tanjung dan Jon Erizal sekarang memegang jabatan Wakil Ketua Umum, Marjoni Hendri menjabat Sekretaris Umum dan Darmansyah Malik salah seorang Ketua. 


''Siapapun yang akan terpilih nanti menjadi Ketua Umum IKMR Provinsi Riau periode 2021-2026, tidak menjadi masalah. Semua adalah kader terbaik IKMR dan sudah sangat berpengalaman memimpin organisasi kemasyarakatan ini. Mereka punya kapasitas dan kapabilitas untuk memimpin IKMR Provinsi Riau. Yang pasti mereka semua dekat dengan masyarakat, khususnya warga IKMR," ujar Ketua IKMR yang juga Sekretaris Dewan Kehormatan PWI Riau itu. 


Eddy Tanjung sekarang menjadi anggota DPR RI dari Partai Gerindra daerah pemilihan Riau 2. Sedangkan Jon Erizal anggota DPR RI dari PAN daerah pemilihan Riau 1. Sementara Marjoni Hendri pengusaha sukses di penyediaan sarana pertanian, khususnya pupuk. Darmansyah Malik adalah mantan Kepala Badan Ketahanan Pangan Provinsi Riau. 


Fendri berharap keempat bakal calon Ketum IKMR Provinsi Riau itu bersaing secara sehat . Sebab, IKMR adalah organisasi kemasyarakatan, bukan organisasi politik. ''Saya berharap Mubes berjalan dengan aman, lancar dan berujung kepada musyawarah mufakat. Ini penting untuk menjaga kesolidan IKMR yang sudah berurat berakar di Provinsi Riau," katanya. 


IKMR sudah berumur 52 tahun sejak bernama Ikatan Keluarga Sumatera BaratBarat (IKSB). Lahir 1 Juni 1969, sama dengan tanggal lahirnya Pancasila. Tahun 2000, nama IKSB diubah menjadi IKMR atas usul dan saran dari Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAAM) Sumatera Barat dan Majelis Kerapatan Adat (MKA) Lembaga  Adat Melayu (LAM) Riau. Dan terpilih H. Basrizal Koto sebagai Ketua Umum IKMR pertama. Oleh karena itu, kedua lembaga ini diundang pada pembukaan Mubes IV IKMR Provinsi Riau, Sabtu mendatang. (*)


Editor: M Ikhwan