PWI Riau Gelar Pelatihan Jurnalisme Anti Hoax dan Fake News Bagi Wartawan di Siak
Cari Berita

Advertisement


PWI Riau Gelar Pelatihan Jurnalisme Anti Hoax dan Fake News Bagi Wartawan di Siak

Jumat, 26 November 2021



SIAK, PARASRIAU.COM - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Riau menggelar pelatihan Jurnalisme Anti Hoax dan Fake News serta Perlindungan wartawan dalam konsep Undang-Undang (UU) Pers dan UU ITE di Balairung Datuk Empat Suku Sri Siak Indrapura, Jumat (26/11/2021).


Pelatihan yang dibuka oleh Bupati Siak Drs H Alfedri MSi diwakili Asisten III Setdakab Siak Drs H Jamiluddin MSi dilangsungkan secara daring dan luring dengan jumlah sebanyak 100 peserta.


Ketua Panitia Pelatihan Anthony Harry melaporkan, kegiatan berlangsung sehari mulai pukul 14.00 WIB hingga 22.00 WIB. Pelatihan dibagi dalam dua sesi. Sesi pertama, narasumbernya yakni, Wakil Ketua Dewan Pers Hendri Ch Bangun, Ketua Advokasi/Pembelaan Wartawan PWI Pusat Octap Riady dan Direktur LBH Pers Ade Wahyudin. Sedangkan pada sesi kedua, narasumbernya yakni Ketua DKD PWI Riau H Dheni Kurnia, Sekretaris DKD PWI Riau Fendri Jaswir, Anggota DKD PWI Riau Zufra Irwan dan Anggota DKD PWI Riau Kazzaini Ks.


Ketua PWI Riau, H Zulmansyah Sekedang, menyebutkan, kegiatan ini merupakan rangkaian Ekspedisi Danau Zamrud yang dilaksanakan PWI Siak hingga Ahad (28/11). Ekspedisi ini sendiri dilaksanakan sempena peringatan Hari Pers Nasional (HPN) yang dipusatkan di Siak, Februari 2022 mendatang. 


''Pelatihan ini diharapkan bisa memperkuat kemampuan rekan-rekan wartawan dalam menulis dan untuk menambah wawasan tentunya. PWI sendiri melaksakan lomba karya tulis tentang taman nasional, salah satunya Taman Nasional Danau Zamrud ini,'' beber Zulmansyah.


Pada kesempatan itu, Asisten III mengungkapkan rasa bangga atas dilaksanakannya kegiatan tersebut. Ia juga mengekspos keberadaan Danau Zamrud tentang potensi alam dan potensi wisatanya. Bahkan ia menceritakan bagaimana sejarah danau tersebut ditemukan pertama kali. 


''Kami mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan PWI ini. Semoga Danau Zamrud akan lebih terkepsos dan dikenal masyarakat senagai salah satu wisata dengan potensi yang luar biasa,'' katanya. 


Selain mengikuti pelatihan, seluruh peserta juga akan diajak melihat langsung Danau Zamrud dengan menyusuri danau tersebut. (*)


Editor: M Ikhwan