Besok Anugerah KI Riau, Adakah Kabupaten Kota ''Informatif'' Tahun Ini?
Cari Berita

Advertisement


Besok Anugerah KI Riau, Adakah Kabupaten Kota ''Informatif'' Tahun Ini?

Minggu, 28 November 2021

Kepala Dinas Kominfotik Indragiri Hilir, Trio Beni Putra menyerahkan dokumen pelaksanaan Monev Keterbukaan Informasi Publik kepada Ketua Komisi Informasi Riau, Zufra Irwan saat kegiatan visitasi monev beberapa waktu lalu. ist


PEKANBARU, PARASRIAU.COM - Komisi Informasi (KI) Provinsi Riau akan menggelar Anugerah Keterbukaan Informasi Publik, KI Riau Award 2021, Senin (29/11/2021) pagi besok di Hotel Premiere, Pekanbaru. Penyerahan anugerah tersebut merupakan puncak dari kegiatan monitoring dan evaluasi (monev) yang dilakukan KI Riau terhadap badan-badan publik selama setahun terakhir.


Ketua KI Riau Zufra Irwan dalam keterangannya kepada media Minggu (28/11/2021) menyebutkan, pemberian Anugerah Keterbukaan Informasi adalah bagian dari tugas pokok Komisi Informasi dalam mengawal transparansi informasi di seluruh badan publik di Provinsi Riau. 


"Ini kegiatan rutin tahunan komisioner KI Riau mengevaluasi, menilai dan memberikan apresiasi terhadap kinerja badan-badan publik terhadap impelementasi UU KIP," kata Zufra Irwan didampingi empat komisioner KI Riau lainnya masing-masing Tatang Yudiansyah (Wakil Ketua), Alnofrizal (Bidang ASE), Jhony Setiawan Mundung (Bidang Kelembagaan) dan Hasnah Gazali yang membidangi Penyelesaian Sengketa Informasi (PSI).


Seperti tahun-tahun sebelumnya, apresiasi ini akan diberikan kepada badan-badan publik berdasarkan kelompok dan kategori. Terdapat enam kelompok badan publik di bawah pengawasan KI Riau meliputi Kelompok Pemerintah Kabupaten Kota, Partai Politik, BUMD Pemprov, Perguruan Tinggi, Instansi Vertikal dan OPD Pemprov. Sedangkan kategori penghargaan yang diberikan adalah "Tidak Informatif". "Cukup Informatif", "Menuju Informatif" dan "Informatif".


Selain anugerah untuk kelompok badan publik, Komisi Informasi Riau juga akan memberikan reward kepada perorangan atau individu-individu yang dinilai berperan penting dalam meningkatkan Keterbukaan Informasi Publik. "Insha Allah besok (pagi) akan kita umumkan seluruh badan publik maupun perorangan yang mendapat apresiasi keterbukaan informasi publik tersebut," kata Zufra lagi.


Zufra menjelaskan selain Gubernur Riau Drs H Syamsuar MSi dan Forkopimda Riau, helat bergengsi di akhir tahun ini juga akan dihadiri seluruh kepala daerah di Provinsi Riau, pimpinan organisasi partai politik, perguruan tinggi, instansi vertikal dan tokoh-tokoh masyarakat. "Insha Allah Pak Gubernur dan jajaran Forkompimda akan hadir," ujar Zufra.


Kategori Informatif


Meski masih menutup rapat nama-nama badan publik yang bakal menerima Anugerah KI Riau 2021, namun Zufra Irwan mengisyaratkan adanya peningkatan transparansi di berbagai kelompok badan publik yang dimonev. Peningkatan itu juga membuat sejumlah badan publik naik status tahun ini. "Ada yang masuk dalam kelompok cukup informatif dan menuju informatif. Bahkan, juga ada yang melesat ke posisi tertinggi sebagai badan publik informatif," terang Zufra.


Ketika didesak apakah ada di antara badan publik kelompok Pemerintah Kabupaten Kota tahun ini yang meraih predikat paling bergengsi, yakni "Informatif", Zufra Irwan yang baru saja kembali terpilih masuk dalam jajaran Komisioner KI Riau periode 2021-2025, tidak bersedia memberikan "bocorannya". "Tunggulah sampai besok saat kita umumkan," katanya mengelak.


Berdasarkan penelusuran media terhadap hasil Monev yang dilaksanakan KI Riau tiga tahun terakhir, memang belum ada satupun Pemkab dan Pemko di Riau yang berhasil mewujudkan transparansi berdasarkan kategori penilaian monev. Tahun lalu misalnya, raihan tertinggi kelompok Kabupaten Kota masih di "level 2" yakni "Menuju Informatif" yang diraih Kabupaten Bengkalis, Indragiri Hilir, Kampar dan Indragiri Hulu.


Padahal di kelompok lainnya, sebutlah Perguruan Tinggi, Instansi Vertikal dan OPD Pemprov Riau sudah ada yang naik ke "Level 1". Di kelompok Perguruan Tinggi tercatat Poltekes dan Universitas Riau berhasil meraih status "Informatif". Begitu juga untuk kategori Instansi Vertikal, gelar serupa direbut Badan Pusat Statistik (BPS). Khusus untuk kelompok OPD Pemprov Riau, tahun lalu kategori "Informatif" diraih Diskominfo. 


Sebagai motor Keterbukaan Informasi Publik, Diskominfo Riau tahun ini juga ikut mendorong keberhasilan Pemprov Riau meraih status "Provinsi Informatif" dalam kegiatan serupa yang diadakan oleh Komisi Informasi Pusat pada Oktober 2021 lalu. Penghargaan untuk Pemprov Riau sendiri diserahkan oleh Wakil Presiden Maruf Amin kepada Gubernur Riau Drs H Syamsuar, MSi.


Nah, apakah tahun ini akan ada kelompok Pemerintah Kabupaten Kota di Riau yang akan menyusul sukses Pemprov Riau meraih kategori "Informatif", semua akan terjawab dalam "KI Riau Award 2021" pada Senin besok yang pengumuman dan penyerahan penghargaannya dimulai pukul 09.00 WIB. (*)


Editor: M Ikhwan