Bakal Dihadiri Gubernur Riau dan Sumbar, IKMR Riau Gelar Mubes IV 12-14 November Mendatang
Cari Berita

Advertisement


Bakal Dihadiri Gubernur Riau dan Sumbar, IKMR Riau Gelar Mubes IV 12-14 November Mendatang

Rabu, 27 Oktober 2021

Marjoni Hendri (tengah) didampingi Fendri Jaswir dan M Iqbal Ali sedang memimpin rapat.


PEKANBARU, PARASRIAU.COM - Ikatan Keluarga Minang Riau (IKMR) Provinsi Riau akan menggelar Musyawarah Besar (Mubes) IV pada 12-14 November 2021 mendatang. Selain menetapkan program kerja dan rekomendasi, Mubes akan memilih dan menetapkan Ketua Umum IKMR Provinsi Riau lima tahun ke depan. 


Ketua Panitia Pengarah, Ir H Fendri Jaswir mengatakan, Mubes akan mengeluarkan rekomendasi, baik ke luar maupun ke dalam. Keluar menyangkut isu-isu strategis daerah seperti kasus korupsi, penegakan hukum, penyerobotan lahan masyarakat, dampak pandemi terhadap ekonomi masyarakat terutama UMKM serta isu politik dan pilkada. Sedangkan ke dalam menyangkut penguatan organisasi dan keaktifan organisasi. 


Sedangkan mengenai calon Ketua Umum IKMR Provinsi Riau 2021-2026, Fendri belum bisa memprediksi. Yang pasti, Ketua Umum IKMR saat ini, H Basrizal Koto sudah tiga periode menjadi Ketua Umum. Jika regenerasi akan terjadi, IKMR Provinsi Riau punya banyak stok untuk memimpin organisasi sosial kemasyarakatan ini. 


''Kita serahkan kepada peserta untuk menetapkan Ketua Umum IKMR,'' tegas Fendri usai memimpin rapat panitia, Rabu (27/10/2021) sore.


Sementara itu, Ketua panitia pelaksana Mubes IV IKMR Riau, Ir. H. Marjoni Hendri, M. Tr. IP usai memimpin rapat panitia, Rabu (27/10/2021) sore menjelaskan, Mubes digelar di Hotel Prime Park, Pekanbaru dan akan dibuka secara resmi oleh Gubernur Riau Syamsuar. ''Gubernur Sumbar Haji Mahyeldi diharapkan hadir dan memberikan sambutan," ujarnya. 


Dikatakan, selain mengundang gubernur, pihaknya juga mengundang Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) dan paguyuban yang ada di Riau serta Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Riau. Di samping tokoh-tokoh Minang yang berada di DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi Riau dan DPRD kabupaten/kota se-Riau. 


Menurut Marjoni, Mubes akan diikuti sekitar 180 orang dari IKMR 12 kabupaten/kota, Ikatan Keluarga (IK) kabupaten/kota di Sumbar yang ada di tingkat Provinsi Riau, organisasi profesional/fungsional seperti Ikatan Wanita Minang Riau (IWMR), Ikatan Pemuda Minang Riau (IPMR) dan Ikatan Mahasiswa Minang Riau (Imami). 


Panitia Mubes, kata alumni STPDN ini, telah hampir rampung melakukan persiapan. Di antaranya akan memasang baliho dan spanduk se kota Pekanbaru agar Mubes terlihat semarak. Mereka juga akan memasang ratusan marawa atau umbul-umbul warna merah, kuning, hitam, sepanjang jalan utama kota Pekanbaru. (*)


Editor: M Ikhwan