Usulkan Marhum Pekan Sebagai Pahlawan Nasional, TP2GD Kota Pekanbaru Belajar ke Siak
Cari Berita

Advertisement


Usulkan Marhum Pekan Sebagai Pahlawan Nasional, TP2GD Kota Pekanbaru Belajar ke Siak

Rabu, 15 September 2021


 

SIAK, PARASRIAU.COM - Wakil Bupati Siak, Husni Merza menerima secara langsung kunjungan kerja Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) Kota Pekanbaru di ruang kerja Wakil Bupati Siak, Selasa (14/9/2021).


Tujuan kunjungan kerja TP2GD Kota Pekanbaru itu untuk belajar kepada Pemkab Siak bagaimana Setda Kabupaten Siak dalam membantu TP2GD Kabupaten Siak dalam mengusulkan Sultan Mahmud Abdul Jalil Muzaffar Syah yang bergelar Tengku Buang Asmara atau Sultan Siak ke-II sebagai Pahlawan Nasional.


Kunjungan kerja TP2GD Kota Pekanbaru itu dihadiri langsung oleh Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi yang juga Ketua TP2GD Kota Pekanbaru didampingi Kepala Bappeda Kota Pekanbaru, Kadis Sosial Kota Pekanbaru beserta seluruh rombongan. 


Ayat Cahyadi terlebih dahulu mengucapkan terimakasih atas sambutan yang luar biasa dari Pemerintah Kabupaten Siak. "Tujuan kami sebagai TP2GD Kota Pekanbaru ke Siak dalam rangka pembelajaran terkait bagaimana Setda Kabupaten Siak dalam membantu TP2GD Kabupaten Siak dalam mengusulkan Sultan Mahmud Abdul Jalil Muzaffar Syah yang bergelar Tengku Buang Asmara atau Sultan Siak ke-II sebagai Pahlawan Nasional," ucap Ayat Cahyadi. 


KarenaTP2GD Kota Pekanbaru, sambung Ayat, akan mengusulkan dan memperjuangkan Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzam Syah (Marhum Pekan) sebagai Pahlawan Nasional. 


"Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzam Syah (Marhum Pekan) memiliki peran besar dalam pendirian Pekanbaru (saat ini Kota Pekanbaru). Pekanbaru ini dirintis oleh ayahandanya yaitu Sultan Abdul Jalil Alamuddin Syah," ucapnya.


Sekretaris Daerah Kabupaten Siak, Arfan Usman mengucapkan selamat datang kepada Wakil Walikota Pekanbaru beserta rombongan di Kabupaten Siak. 


"Saya menyampaikan permohonan maaf dari Bapak Bupati Siak dan Wakil Bupati Siak yang tidak bisa hadir pada acara ini, karena ada acara lain yang tidak bisa ditinggalkan," ucap Arfan Usman. 


Arfan mengatakan bahwa Kabupaten Siak dan Kota Pekanbaru merupakan kakak adik yang dulunya dibangun oleh Kesultanan Kerajaan Siak. "Untuk pengusulan Sultan Mahmud Abdul Jalil Muzaffar Syah yang bergelar Tengku Buang Asmara sebagai Pahlawan Nasional tersebut, kami terus berkoordinasi dengan TP2GD Kabupaten Siak yang terdiri dari unsur akademis, praktisi, budayawan, tokoh masyarakat maupun dari unsur Organisasi Perangkat Daerah," kata Arfan.


Arfan menambahkan, sudah ada beberapa persyaratan yang dipenuhi dan diserahkan ke TP2GD. Diantaranya tentang riwayat hidup dan perjuangan calon pahlawan nasional, biografi calon pahlawan nasional yang diusulkan dan dokumen-dokumen pendukung calon pahlawan nasional.


Acara tersebut juga dihadiri Sekretaris Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) Kabupaten Siak Wan Idris, Kepala Bappeda Siak, Ketua LAMR Kabupaten Siak serta tamu undangan lainnya. ***