Satu-satunya di Riau, Siak Miliki Laboratorium Ekstraksi Albumin dari Ikan Gabus
Cari Berita

Advertisement


Satu-satunya di Riau, Siak Miliki Laboratorium Ekstraksi Albumin dari Ikan Gabus

Selasa, 21 September 2021



SIAK, PARASRIAU.COM - Wakil Bupati Siak, Husni Merza meninjau Laboratorium dari PT Alam Siak Lestari (ASL) yang khusus untuk menganalisa, mengecek dan memproduksi Albumin yang ada di dalam Ikan Gabus yakni protein di plasma darahnya.


Kandungan Albumin ini fungsinya menjaga cairan dalam darah agar tidak bocor ke jaringan lain. Protein ini juga membantu membawa berbagai zat ke seluruh tubuh, seperti hormon, vitamin dan enzim.


"Pemerintah Kabupaten Siak sangat mendukung keberadaan laboratorium ini. Alhamdulillah untuk Provinsi Riau, ini satu-satunya laboratorium khusus menganalisa, mengecek dan memproduksi Albumin yang diekstrak dari ikan khususnya Ikan Gabus," ungkap Husni di laboratorium Jalan Sapta Taruna Kecamatan Siak, Kamis (21/9/2021).


Pada peninjauan ke laboratorium tersebut, Wabup Husni Merza didampingi oleh Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Susilawati. Wabup disambut Direktur PT Alam Siak lestari, Musrahmad atau yang kerap disapa Igun.


Untuk bahan baku ikan gabus, nantinya akan diambil dari budidaya ikan gabus di lahan Gambut. Dengan adanya Laboratorium PT Alam Siak Lestari juga bisa membuka peluang usaha bagi masyarakat untuk memelihara ikan gabus.


"Ini merupakan salah satu yang menarik untuk dikunjungi di Siak, karena perusahaan ini bukan hanya berbisnis tapi juga menjaga dan memperhatikan alam," tutupnya. ***