Turunkan Antrian 40 Persen, BPN Terapkan Layanan Digital Permudah Urus Surat Tanah
Cari Berita

Advertisement


Turunkan Antrian 40 Persen, BPN Terapkan Layanan Digital Permudah Urus Surat Tanah

Kamis, 02 September 2021




PEKANBARU, PARASRIAU.COM - Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)  Sofyan A Djalil menyebutkan ada empat layanan digital yang diterapkan oleh BPN untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat yang mengurus surat pertanahan. 


Keempat layanan digital itu mulai dari pengecekan sertipikat, hak tanggungan elektronik, zona nilai tanah dan surat keterangan pendaftaran tanah. 


"Kami punya target bagaimana BPN makin hari makin baik pelayanan publik kepada masyarakat. Kami juga terus melakukan pelayanan digital hari ini sudah empat pelayanan digital, yang masyarakat sebenarnya tidak perlu lagi ke BPN," kata Sofyan A Djalil di Kantor BPN Kota Pekanbaru, Kamis, (2/9/2021) di sela-sela meninjau fasilitas kantor tersebut. 


Ia menyebutkan, keempat layanan itu dapat memudahkan masyarakat dan mengurangi 40 persen antrian. 


"Mulai dari untuk pengecekan sertipikat tanah, hak tanggungan, roya dan zona nilai tanah. Di beberapa tempat, dengan empat layanan ini sekitar 40 persen antrian berkurang," ungkapnya seperti dilansir mediacenter.riau.go.id.


Dengan demikian, menurutnya cara ini sangat efektif karena masyarakat memilih sendiri waktu dan mendafarnya secara online.


"Nah dengan kondisi Covid-19 ini, masyarakat untuk mendaftarkan online, pilih sendiri kapan mau datang, dan datang ke kantor sudah siap menerima. Warga tidak perlu banyak mengumpul, dan waktu lebih bisa diatur oleh masyarakat sendiri," tutupnya. pr2


Editor: M Ikhwan