Kembali Dibuka untuk Umum, Pengunjung Istana Siak Masuk Pakai Aplikasi Peduli Lindungi
Cari Berita

Advertisement


Kembali Dibuka untuk Umum, Pengunjung Istana Siak Masuk Pakai Aplikasi Peduli Lindungi

Jumat, 17 September 2021



SIAK, PARASRIAU.COM - Sejumlah objek wisata di Kabupaten Siak termasuk Istana Assereyah Hasyimiah atau Istana Matahari Timur kembali dibuka, Sabtu (18/9/2021).


"Insya Allah mulai besok Istana Siak kembali kita buka bagi para pengunjung," cakap Kadis Pariwisata dan Ekraf (Disparekraf) Kabupaten Siak, Fauzi Asni dikonfirmasi, Jumat (17/9/2021).


Istana Siak ini dibuka atas rekomendasi Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Siak Nomor 100/ST.C-19.S/61 tanggal 10 September 2021, dengan menekankan kepada pihak pengelola agar menerapkan protokol kesehatan dan pengunjung harus mengunduh aplikasi Peduli Lindungi yang diarahkan oleh petugas wisata.


"Semua tempat wisata sudah bisa menerima kunjungan dengan syarat menerapkan prokes secara ketat dan pengunjung nanti harus mengakses aplikasi Peduli Lindungi," jelasnya.


Sementara itu, Bupati Siak Alfedri mengharapkan dengan dibukanya Istana Siak dan destinasi lainnya, bisa memberikan kesempatan pada masyarakat agar dapat berwisata kembali ke Kota Siak. "Harapan kami dibukanya sejumlah objek wisata di Siak dapat mulihkan ekonomi masyarakat, terutama pelaku UMKM yang terdampak Covid-19," katanya.


Pemkab Siak juga telah menyiapkan skema pelaksanaan kegiatan di fasilitas umum, taman, tempat wisata atau area publik lainnya. "Diizinkan beroperasi 50 persen dengan menggunakan aplikasi peduli lindungi atau penerapan protokol kesehatan yang sudah diatur. Untuk pembelian tiket, pengunjung wajib melihatkan kartu vaksin atau swab antigen negatif termasuk pengunjung memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan," urai Alfedri.


Sekedar informasi, sejak 19 Maret 2020 saat pandemi Covid-19 Istana Siak mengalami buka tutup karena menyesuaikan dengan perkembangan penularan dan penyebaran Corona. Kemudian tanggal 1 Januari hingga 5 Mei 2021 dibuka dan ditutup kembali mulai tanggal 6 Mei karena lonjakan kasus Covid-19 meningkat. ***