Tujuh Fraksi Tanggapi Usulan Pengalihan Anggaran Reses dan Pokir, PKS Pertanyakan Dasar Usulan
Cari Berita

Advertisement


Tujuh Fraksi Tanggapi Usulan Pengalihan Anggaran Reses dan Pokir, PKS Pertanyakan Dasar Usulan

Kamis, 12 Agustus 2021


PEKANBARU, PARASRIAU.COM -Tujuh fraksi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Pekanbaru memberikan tanggapan yang beragam atas saran pengalihan anggaran reses dan pokok pikiran (Pokir) ke percepatan penanganan Covid-19, Kamis (12/8).

Adapun ketujuh fraksi tersebut ialah Fraksi Demokrat, Fraksi Gerindra plus PPP, Fraksi PDIP, Fraksi Golkar, Fraksi PKS, Fraksi PAN, dan Fraksi Hanura plus Nasdem.

Ketua Fraksi Gerindra plus PPP, H Wan Agusti, menyatakan dukungannya. Dia setuju dengan usulan itu, berharap agar masalah pandemi covid-19 segera bisa ditekan dan vaksinasi berjalan lancar, dan ekonomi pulih.

"Sikap Fraksi kami setuju. Mungkin dengan cara ini bisa membantu Pemko dan juga masyarakat mengapa tidak. Kondisi negeri ini sekarang dalam keadaan darurat. Hanya saja kami berharap agar nanti penggunaannya sesuai dengan aturan, " ujar Wan Agusti.

Ketua Fraksi PDI Perjuangan Dapot Sinaga, menegaskan dukungannya dan menyebutkan tidak mempermasalahkan jika memang dengan menggeser atau mengalihkan anggaran itu untuk kepentingan covid-19, lalu percepatan vaksinasi dan juga peningkatan ekonomi.

"Saya sebagai anggota DPRD yang datang dari rakyat mendukung hal itu, tidak apa-apa. Tapi bagusnya ini di duduk kan semua pimpinan dan anggota agar lebih elegan dia. Tidak hanya melalui surat ke Fraksi, intinya PDIP mendukung hal itu, " tutur Dapot.

Ketua Fraksi Demokrat, Aidil Amri juga mengutarakan hal yang sama, menyatakan siap menjadi garda terdepan mendukung usulan itu. "Kami siap menjadi garda terdepan mendukung usulan itu. Sebagai mitra Pemko tentu tidak ada masalah, " tegasnya.

Sementara ketua Fraksi Golkar, Masni Ernawati, menyampaikan dukungannya. "Kami menyambut baik usulan itu, kami mendukung, dan sepakat, harapannya bisa membantu Pemko dan masalah covid-19 bisa segera berakhir, " ungkap Erna.

Sementara dari fraksi PKS mempertanyakan dasar dari usulan tersebut. Sebab, usulan tersebut tidak melalui rapat pimpinan.

"Sebab saya tanyakan kepada ketua DPRD itu tidak berdasarkan rapat pimpinan, berarti itu usulan pribadi," kata Ketua Fraksi PKS Firmansyah menanggapi.

Dirinya mendukung langkah-langkah yang sudah dilakukan Pemko Pekanbaru. Tapi tidak mesti dari anggaran reses yang digeser untuk mendukung itu. Karena reses ini  bagian dari tugas DPRD untuk menyerap aspirasi, dan menggeser anggaran reses pun harus dibicarakan di Banmus terlebih.

"Kalau dukungan dari Fraksi tentu harus di rapat kan dahulu, karena belum tentu kawan-kawan Fraksi sepakat. Dan untuk menggeser anggaran ini juga harus dibicarakan dulu di Banmus, " tuturnya.

Ketua Fraksi PAN Irman Sasrianto juga mengatakan belum bisa nengatakan dukungannya, karena akan membahasnya  dirapat internal Fraksi dahulu.  ‘’Kami akan rapat dulu,’’ jawabnya singkat.

Sementara itu, dari Fraksi Hanura plus Nasdem belum mendapatkan keterangan karena saat dihubungin via handphone tidak tersambung. ***