Permudah Masyarakat Akses Informasi Secara Akurat, Pemkab Siak Luncurkan Aplikasi Teras
Cari Berita

Advertisement

Permudah Masyarakat Akses Informasi Secara Akurat, Pemkab Siak Luncurkan Aplikasi Teras

Selasa, 17 Agustus 2021


SIAK, PARASRIAU.COM - Bertepatan dengan peringatan HUT RI ke-76, Pemerintah Kabupaten Siak meluncurkan aplikasi Televisi dan Radio Siak (Teras) agar mempermudah masyarakat mengakses informasi seputar wilayah Siak secara akurat.


Peluncuran dilakukan langsung oleh Bupati dan Wakil Bupati bersama Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) usai melaksanakan upacara penaikan bendera merah putih, Selasa (17/8/2021).


Bupati Siak, Alfedri menyampaikan bahwa aplikasi Teras tersebut merupakan hadiah terbaik anak bangsa di bawah Diskominfo untuk digunakan dalam penyebarluasan informasi oleh Siak TV dan Radio Pemerintah Kabupaten (RPK) Siak.


"Hari ini sudah bisa juga kita melihat, memperhatikan, serta menyimak berbagai informasi di Siak TV ini melalui aplikasi pada Teras. Aplikasi ini digagas oleh bidang IKPS Diskominfo, sehingga berbagai informasi-informasi pembangunan baik promosi budaya pariwisata, promosi UMKM, serta ekonomi kreatif yang ada di Kabupaten Siak bisa dilakukan melalui Siak TV dan melalui aplikasi Teras, begitu juga oleh RPK Siak," cakap Alfedri.


Ia berharap masyarakat, seluruh OPD, dan instansi vertikal, bisa memanfaatkan aplikasi Teras ini untuk mengakses informasi berbagai hal dan kegiatan-kegiatan program pembangunan di Siak.


"Begitu juga barangkali berbagai informasi, aspirasi dan harapan masyarakat bisa disampaikan melalui aplikasi ini sehingga bisa menjadi bahan-bahan perimbangan dan menjadi info bagi kami, dalam bagaimana membuat suatu strategi dari kegiatan pembangunan yang lebih baik untuk mewujudkan Siak lebih maju. Begitu juga aplikasi ini kami harapkan bisa mewujudkan visi jangka panjang Kabupaten Siak menuju pusat budaya melayu di Indonesia yang taglinenya kita launching dulu adalah "Siak The Truly Malay," imbuhnya.


Plt Kepala Diskominfo Siak, Jamaluddin menyampaikan aplikasi ini sebuah inovasi sebagai upaya melakukan diseminasi informasi kepada masyarakat agar mudah diakses. Seperti yang diketahui bersama, beberapa bulan lalu Bupati Alfedri telah melaunching Siaran Siak TV yang menggunakan Satelit Telkom 4, dengan siaran tersebut masyarakat Siak sudah bisa menyaksikan Siak TV dengan menggunakan parabola.


"Untuk lebih menjangkau pemirsa TV, kami kembali membuat sebuah aplikasi yang diberi nama Teras ini. Melalui aplikasi ini kita sudah bisa menonton siaran Siak TV dan mendengarkan siaran Radio RPK 92 FM, cukup hanya melalui perangkat smartphone yang kita miliki," tutupnya. ***