Lantik SF Hariyanto, Gubri Berharap Sekdaprov yang Baru Mampu Tingkatkan PAD Riau
Cari Berita

Advertisement


Lantik SF Hariyanto, Gubri Berharap Sekdaprov yang Baru Mampu Tingkatkan PAD Riau

Rabu, 18 Agustus 2021

Gubernur Riau Syamsuar resmi melantik Sekdaprov Riau, SF Hariyanto di Pekanbaru Rabu (18/8/21). int


PEKANBARU, PARASRIAU.COM - Gubernur Riau (Gubri), H Syamsuar, Rabu (18/8) secara resmi melantik SF Hariyanto sebagai Sekretaris Daerah (Sekdaprov) Riau.


Selain dihadiri Wakil Gubernur Riau Edy Afrizal Natar Nasution, pelantikan pejabat eselon I ini juga dihadiri Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Ir Iskandar dan Set itjen PUPR Bimo Nursanthyasto. 


Pelantikan yang digelar di Balai Serindit Gedung Daerah Jalan Diponegoro tetap menerapkan  Protokol Kesehatan (Prokes). Termasuk diantaranya para undangan yang dihadiri juga terbatas. 


Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan dihadiri unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Riau dan pejabat di lingkungan Pemerintah Provinsi Riau.


Gubri dalam amanatnya, menyampaikan agar Sekdaprov Riau definitif yang baru dapat menjalankan tugas secara maksimal dan penuh tanggung jawab. 


"Telah dilaksanakan melalui seleksi sesuai aturan yang berlaku yang sudah dilakukan jauh hari. Prinsip kehati-hatian ini dilakukan melalui pertimbangan yang sudah diambil," ungkap Gubri. 


Pada kesempatan ini, orang nomor satu di Riau ini juga berharap agar Sekdaprov yang baru dapat membantu meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Karena itu, bersama stake holder terkait bekerja bersama semaksimal mungkin untuk mewujudkannya. 


Selain itu, mantan Bupati Siak ini juga percaya, SF Hariyanto yang lama berkiprah di pusat, khususnya Kementerian PUPR, dapat mencari pendapatan untuk daerah melalui anggaran di pusat. Syamsuar mengaku optimis, hal itu bisa tercapai sesuai dengan tugas dan kewenangannya. 


Siap Jalankan Visi Misi Gubri dan Wagubri 


Sementara itu, SF Hariyanto usai dilantik Gubri Syamsuar mengaku siap menjalankan visi-misi Gubernur Riau (Gubri) dan Wakil Gubernur Riau (Wagubri). 


Di hadapan wartawan ia mengatakan bahwa apa yang menjadi arahan dan tugas dari Gubri dan Wagubri akan dijalankannya dengan baik sesuai aturan.


Terkait alasannya meninggalkan Kementerian Pekerjaan Umum dan lebih memilih menjadi Sekdaprov Riau, ia mengungkapkan bahwa hal tersebut merupakan bukti pengabdian diri. 


"Saya prinsipnya kan siap ditempatkan dimana saja, baik itu di Kementerian, di sini sama saja. Karena saya lahir di Pekanbaru Provinsi Riau ini dan besar di Pekanbaru. Ya itu saja, sebagai pengabdian saya lah," ungkapnya seperti dilansir mediacenter.riau.go.id.


Sementara itu terkait menggali sumber-sumber bagi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Provinsi Riau, pihaknya akan mendiskusikannya dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait. 


Menurutnya, sumber PAD itu ada berbagai macam, yang mana salah satunya berasal dari pajak kendaran bermotor. Untuk itu pihaknya akan melihat bagaimana mengoptimalkan APBD Provinsi Riau ini.


Mantan Kepala Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Riau ini mengaku perlu adanya dukungan dari berbagai pihak untuk menjalankan tugasnya sebagai Sekdaprov Riau.


"Yang penting teman-teman dukung dulu, karena tanpa didukung tak berjalan nanti. Apa yang menjadi masalah harus dituntaskan, apalagi sekarang lebih berhati-hati," pungkasnya. pr2


Editor: M Ikhwan