Gebyar HUT RI ke 76, TP PKK Siak Gelar Lomba Kesenian Secara Virtual
Cari Berita

Advertisement


Gebyar HUT RI ke 76, TP PKK Siak Gelar Lomba Kesenian Secara Virtual

Selasa, 24 Agustus 2021

Ketua TP PKK Kabupaten Siak, Rasidah Alfedri mengumumkan pemenang lomba kesenian yang ditaja sejak 16 Agustus 2021 di Zamrud room, Siak. 


SIAK, PARASRIAU.COM - Pengurus TP PKK berkolaborasi dengan Dekranasda dan Bunda Paud se-Kabupaten Siak untuk menggelar berbagai lomba kesenian secara virtual. Lomba itu digelar dalam rangka gebyar HUTRI ke 76 dan pengumuman pemenang berlangsung, Selasa (24/8/2021) di Zamrud Room, Kecamatan Siak.


Camat Mempura, Desy Fefianti sangat bahagia mendengar Kecamatan Mempura keluar sebagai juara lomba menyanyi lagu pantang mundur versi Covid 19. Ia menilai kegiatan tersebut sangat baik dalam masa pandemi Covid 19 ini. “Alhamdulillah, sangat senang Mempura juara I. Kegiatan seperti ini meningkatkan imun kita,” ujarnya.


Sementara juara II diraih oleh Kecamatan Tualang dan Juara III Kecamatan Minas. Nyanyi pantang mundur versi Covid 19 itu menggugah semangat lebih-lebih pada masa pandemi Covid-19 ini.


Sedangkan juara I pada lomba baca puisi Chairil Anwar, Antara Kerawang -Bekasi diraih oleh Kecamatan Bungaraya, Juara II Kecamatan Sabak Auh dan Juara III Kecamatan Siak.


Kemudian untuk Lomba Stand Up Comedy, Juara I Kecamatan Bungaraya, Juara II Kecamatan Lubuk Dalam, dan Juara III Kecamatan Sungai Mandau serta Juara Favorit diraih oleh Kecamatan Sabak Auh.


Ketua TP PKK Kabupaten Siak, Rasidah Alfedri mengatakan, pihaknya menginisiasi kegiatan lomba menyanyi, baca puisi dan stand-up komedi dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI yang ke 76.


Meski berlangsung sederhana, katanya, kegiatan pengumuman lomba tersebut diikuti Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Siak, Ananda Laila Putri, Ketua Gatriwara kabupaten Siak, Ketua Bhayangkari Siak, Ketua Ikatan Adhyaksa Dharmakarini, Ketua Ketua Dharma Wanita Persatuan kabupaten Siak, Ketua Himpaudi, IGTK, dan Ketua BKMT Siak.


Pada kesempatan itu para dewan juri menampilkan kebolehannya membawakan sebuah lagu Pantang Mundur versi Covid 19. Kemudian juri juga melakukan pembacaan puisi karangan Chairil Anwar yang berjudul Karawang Bekasi.


Menurut Rasidah, kegiatan Gebyar HUT RI 76 itu telah berlangsung sejak beberapa hari lalu, yang dilakukan secara virtual. Peserta lomba terdiri dari murid Paud, guru TK, kelompok bermain dan pengurus TP PKK Kecamatan.


Peserta mengirim file videonya ke panitia lomba, yang dimulai dari 16 Agustus 2021 dan berakhir pada 20 Agustsu 2021. "Ide ini dari kawan-kawan di PKK, Dekranasda dan Bunda Paud untuk mengadakan lomba secara virtual sempena HUT RI 76 yang diikuti 14 kecamatan," ucap Rasidah.


Dia berharap agar setiap PKK kecamatan bisa lebih aktif lagi dan mempersiapkan diri menghadapi kegiatan di bulan depan. Kegiatan TP PKK harus bisa berjalan dengan sukses.


"Jadi PKK ini memiliki anggaran dari pemerintah daerah ya, untuk PKK kecamatan sebesar Rp 30 juta pertahun dan PKK Kampung sebanyak Rp 25 juta pertahun. Sehingga mereka harus melaksanakan program kerja sesuai dengan program prioritas yang ditetapkan dari hasil Rakornas PKK," jelasnya.


Lebih lanjut istri Bupati Siak ini menyampaikan, peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 76 di masa pandemi, menjadi momok tersendiri bagi seluruh masyarakat Indonesia.


Hal ini berdampak bagi perekonomian masyarakat, khususnya masyarakat ekonomi menengah ke bawah. Untuk itu, Ia mengajak masyarakat yang mampu agar peduli kepada tetangga, atau saudara-saudara yang sedang dalam kesusahan.


"Saya percaya melalui bantuan yang diberikan dapat memberikan dampak yang besar bagi kehidupan umat manusia. Untuk itu, marilah kita biasakan untuk selalu membantu orang lain, meskipun dari hal-hal yang kecil," ajak Rasidah. ***