Dilantik Ketua Dekranasda Siak, Rasidah Prioritaskan Kerajinan Siak dan Pemasarannya
Cari Berita

Advertisement


Dilantik Ketua Dekranasda Siak, Rasidah Prioritaskan Kerajinan Siak dan Pemasarannya

Senin, 30 Agustus 2021


SIAK, PARASRIAU.COM - Rasidah Alfedri dilantik sebagai Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Siak Periode 2021-2026. Pelantikan dilaksanakan di Kantor Bupati Siak secara virtual, Senin (30/8/2021).


Pelantikan Rasidah disaksikan oleh Bupati Siak Alfedri, Wakil Bupati Siak Husni Merza, Sekda Siak Arfan Usman, Wakil Ketua I TP-PKK Kabupaten Siak Ananda Laila Putri serta OPD terkait lainnya.


Pelantikan dilakukan oleh Ketua Dekranasda Provinsi Riau, Misnarni Syamsuar didampingi Wakil Ketua I Dekranasda Provinsi Riau Suti Mulyadi Edi yang diikuti oleh 9 kabupaten/kota yang terlibat dalam prosesi pelantikan Ketua Dekranasda se-Provinsi Riau, yakni Kabupaten Bengkalis, Kota Dumai, Kepulauan Meranti, Kuansing, Rokan Hilir, Siak, Pelalawan, Rokan Hulu dan Indragiri Hulu.


Dalam kesempatan itu Rasidah Alfedri menyampaikan program prioritas ke depan adalah menggali kerajinan-kerajinan yang ada di Kabupaten Siak. Kemudian membantu memasarkan kerajinan-kerajinan tersebut terutama kerajinan khas Kabupaten Siak.


"Selain kegiatan prioritas tersebut, sesuai dengan namanya dewan kerajinan ada yang kita jual di sana kemudian ada juga keuntungan sebagian yang kita dapat, dan keuntungan itu berdasarkan kesepakatan bersama setiap hari jumat kita laksanakan kegiatan Dekranasda berbagi. Bukan hanya untuk masyarakat yang tidak mampu, tetapi kita juga membantu pengrajin-pengrajin yang memang membutuhkan bantuan kemudian kami juga membantu ke sekolah dan pasantren yang ada di Siak," sebutnya.


Bupati Siak Alfedri menyampaikan selamat kepada Ketua Dekranasda Siak yang baru saja dikukuhkan. Dia berharap Dekranasda bisa semakin menggali potensi seni budaya, kreativitas, dan kerajinan para pengrajin seni kriya yang ada di Kabupaten Siak.


"Membantu para pengrajin seni budaya dan ekonomi kreatif yang ada di Siak untuk bisa memasarkan hasil kerajinannya, sehingga membantu ekonomi dan pendapatan masyarakat. Sinergi antara Dekranasda dan para pelaku ekonomi kreatif serta pengrajin ini diharapkan bisa semakin baik di masa yang akan datang, sehingga Dekranasda Siak bisa menjadi penggerak ekonomi dan para pengrajin di Kabupaten Siak," ujarnya. ***