Antisipasi Penyebaran Covid-19, Rumah Ibadah di Siak Wajib Sediakan Masker untuk Jamaah
Cari Berita

Advertisement


Antisipasi Penyebaran Covid-19, Rumah Ibadah di Siak Wajib Sediakan Masker untuk Jamaah

Sabtu, 21 Agustus 2021

Bupati Siak Alfedri saat berbincang dengan salah seorang pengurus rumah ibadah terkait penyediaan masker untuk para jamaah.


SIAK, PARASRIAU.COM - Bupati Siak Alfedri mengingatkan setiap rumah ibadah harus menyediakan masker untuk jemaahnya sebagai langkah antisipasi penyebaran Covid-19. Alfedri juga mengatakan bahwa setiap Satgas turun melakukan monitoring PPKM dibarengi dengan menyalurkan bantuan masker di sejumlah rumah ibadah.


"Kami ingatkan kepada pengurus masjid, mushalla dan gereja yang ada apabila ada infak dan keadaan mendesak, bisa dana infak tersebut digunakan untuk membeli masker dan sabun cuci tangan. Harapan kami agar angka Covid-19 ini bisa turun. Dan kami pemerintah juga aktif menyalurkan bantuan masker ke rumah-rumah ibadah setiap monitor pelaksanaan PPKM di masing-masing kecamatan," cakapnya, Sabtu (21/8/2021).


Bupati Siak khawatir jika kasus positif Covid-19 di Siak terus meningkat, maka rumah sakit akan mengalami over kapasitas dan prasana lainnya juga terbatas seperti oksigen, ruang rawat, tempat tidur dan lainnya.


"Untuk itu kami tak bosannya mengajak kepada seluruh komponen masyarakat untuk dapat bersama-sama mematuhi protokol kesehatan dan menerapkan pola hidup bersih dan sehat, termasuk saat beribadah," katanya.


Sementara itu, Wakil Bupati Siak Husni Merza juga menyampaikan bahwa Pemkab Siak didesak oleh Pemerintah Provinsi Riau dan Pusat untuk menurunkan level Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang saat ini berada pada level 4. "Kami akan berupaya semaksimal mungkin untuk menurunkan seminimal mungkin kasus Covid-19 di Kabupaten Siak," cakap Husni.


Husni mengatakan, saat ini pemerintah Kabupaten Siak terus melakukan monitoring sampai ke kampung-kampung, agar upaya menurunkan jumlah kasus Covid-19 terus menurun.


"Saat turun melakukan monitoring, kita juga melakukan sosialisasi ke masyarakat tentang pencegahan penyebaran Covid-19, dan juga menyerahkan masker-masker ke tempat ibadah dan ke pasar-pasar," tutup Husni. ***