Diresmikan Bupati Siak, Lab Biomolekuler Bisa Digunakan Bengkalis dan Meranti
Cari Berita

Advertisement


Diresmikan Bupati Siak, Lab Biomolekuler Bisa Digunakan Bengkalis dan Meranti

Sabtu, 03 Juli 2021


 

SIAK, PARASRIAU,COM - Bupati Siak, Alfedri meresmikan laboratorium Biomolekuler milik Rumah Sakit Umum Daerah Tipe D Perawang untuk pemeriksaan Polymerase Chain Reaction (PCR) Covid-19, Jumat (2/7/2021).


"Labor ini tak hanya untuk masyarakat Perawang saja, tapi juga untuk seluruh masyarakat se-Kabupaten Siak. Bahkan jika memungkinkan, labor ini bisa juga digunakan untuk warga dari Kabupaten Bengkalis dan Meranti," cakap Alfedri.


Dia mengatakan, dengan bertambahnya jumlah laboratorium untuk pemeriksaan Covid-19 di Siak, diharapkan bisa menambah kapasitas dan kecepatan testing, sehingga mempengaruhi peningkatan tracing dan tracking dalam memutus mata rantai penularan Covid-19. "Targetnya labor ini kapasitasnya semakin meningkat ke depannya," katanya.


Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Siak, Tonny Chandra menjelaskan, adanya laboratorium ini untuk menambah pelayanan penunjang kesehatan yang disediakan rumah sakit bagi warga. Terutama dalam upaya penanganan Covid-19.


Dia menyampaikan laboratorium biomolekuler tersebut sebagai penyediaan layanan pemeriksaan Covid-19 dengan metode PCR, Isothermal dan tes cepat molekuler, mempercepat hasil pemeriksaan sampel pasien terkonfirmasi positif Covid-19.


"Kemudian juga bisa mempercepat diagnosa perjalanan penyakit pasien Covid-19 dan mempersingkat waktu perawatan pasien dan mengefisienkan penggunaan sumber daya rumah sakit," tutupnya. ***