Calon Peserta Didik yang Daftar PPDB Online SMA/SMK Negeri di Riau Mencapai 85 Ribu
Cari Berita

Advertisement

Calon Peserta Didik yang Daftar PPDB Online SMA/SMK Negeri di Riau Mencapai 85 Ribu

Senin, 05 Juli 2021

ilustrasi
 

PEKANBARU, PARASRIAU.COM - Tahapan Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online tingkat SMA/SMK negeri di Riau resmi ditutup pada hari Sabtu (3/7/2021) kemarin. Berdasarkan data yang berhasil dihimpun Dinas Pendidikan Provinsi Riau, jumlah calon siswa yang mendaftar secara online ke laman PPDB Riau mencapai 85 ribu pendaftar.


"Itu data terakhir yang masuk ke sistem kita, ada sekitar 85 ribu," kata Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau, Zul Ikram, Senin (5/7/2021).


Zul mengatakan, pelaksanaan PPDB online SMA/SMK negeri di Riau yang berlangsung sejak 28 Juni hingga 3 Juli kemarin berlangsung lancar dan aman. Meskipun diakuinya masih terjadi kekurangan disana-sini. Hal ini terbukti dengan banyaknya laporan keluhan yang masuk ke Posko Pengaduan di Dinas Pendidikan Riau. "Rata-rata per hari itu ada sekitar 15 sampai 20-an laporan yang kita terima," katanya.


Zul mengungkapkan sebagian besar laporan pengaduan yang masuk terkait masalah Kartu Keluarga (KK).


"Ada yang tak punya KK, ada yang punya KK tapi belum sampai satu tahun tinggal diwilayah itu, kebayakan memang dari jalur zonasi. Tapi ada juga sudah mendaftar, tapi berkasnya tidak lengkap, belum terupload semua, sehingga jumlah pendaftaranya belum bisa diakses itu juga lumayan banyak laporanya," ujarnya seperti dilansir mediacenter.riau.go.id


Setelah pendaftaran resmi ditutup, maka tahapan selanjutnya panitia akan melakukan verifikasi terhadap seluruh calon peserta didik di masing-masing sekolah.


Setelah itu hasil penerimaan PPDB SMA/SMK negeri di Riau akan diumumkan. Sesuai jadwal, pengumuman hasil PPDB di Riau akan diumumkan, 7 Juli 2021 mendatang.


Bagi yang dinyatakan lulus, barulah mereka diminta untuk melakukan pendaftaran ulang pada 8 - 9 Juli 2021. Setelah seluruh peserta yang lulus mendaftar ulang, mereka akan mengikuti kegiatan pengenalan lingkungan sekolah atau masa orientasi baru yang akan dilaksanakan 10 - 11 Juli 2021.


"Setelah itu barulah mereka mulai mengikuti proses belajar mengajar, kita jadwalkan 12 Juli itu hari pertama masuk sekolah di Riau untuk tahun ajaran baru ini," tutupnya. pr2


Editor: M Ikhwan