Bersama Wabup Siak, Baznas Kembali Salurkan Zakat di Kecamatan Dayun
Cari Berita

Advertisement

Bersama Wabup Siak, Baznas Kembali Salurkan Zakat di Kecamatan Dayun

Kamis, 15 Juli 2021



SIAK, PARASRIAU.COM - Baznas Kabupaten Siak kembali salurkan dana Zakat pola konsumtif kepada mustahik yang ada di Kecamatan Dayun. Bantuan dan zakat ini diserahkan secara simbolis oleh Wakil Bupati Siak, Husni Merza BBA MM bersama Ketua Baznas H. Abdul Rasyid Suharto Pua Upa dan Lomisioner Baznas Siak yang berlangsung di Masjid Al-Munawwarah Kampung Dayun Kecamatan Dayun, Senin (14/07/21).


Wabup Husni Merza pada kesempatan ini mengucapkan selamat kepada para mustahik yang telah menerima bantuan zakat. Namun diharapkan kepada para bapak ibu mustahik yang telah menerima zakat hari ini agar senantiasa mendoakan para muzaki yang telah membayarkan zakatnya. Disamping itu, diharapkan kepada para bapak dan ibu mustahik yang menerima zakat pada tahun ini agar mendoakan dirinya untuk keluar dari kemiskinan dan doakan dirinya agar pada tahun depan menjadi orang yang mengeluarkan zakat (muzaki).


Husni juga menyampaikan bahwa pemerintah Kabupaten Siak tetap mendukung penuh terhadap program Baznas. Semoga pengumpulan Baznas dari tahun ke tahun semakin bertambah dan berkembang. Selanjutnya Wabup juga mengimbau masyarakat agar senantiasa mematuhi protokol kesehatan, dengan memaki masker, cuci tangan dan jaga jarak.


Ketua Baznas H. Abdul Rasyid menyampaikan bahwa pada tahun ini Baznas kembali membuat program baru yang bertujuan untuk mengangkat ekonomi mustahik yang punya usaha warung dengan membantu modal usaha berupa kios Z-mart. "Dan membuat 2 unit Zakat Distributor Center (ZDC) yang khusus untuk melayani kebutuhan Z-mart yang kita buat. Z-Mart yang akan kita upayakan berjumlah 80 unit yang tersebar di 4 kecamatan yaitu Siak, Lubuk Dalam, Tualang dan Kandis," jelasnya.


Menurut Ketua Upz Kecamatan Dayun, Ustadz Mahmuda menyampaikan bahwa pengumpulan dana Zakat khusus yang dikelola Upz Kecamatan Dayun hingga akhir Juni 2021 berjumlah Rp 221.718.500,-. "Dan zakat tersebut telah kita salurkan kepada dua pola yakni konsumtif dan produktif kepada 650 mustahik," jelasnya.


Selanjutnya Wabup Siak, Husni Merza beserta pengurus UPZ kabupaten meninjau rumah layak huni dan balai ternak Baznas Lembaga Pemberdayaan Peternak Mustahik Kabupaten Siak Mulia Harapan Farm. ***