Tingkatkan SDM Daerah, Pemkab Siak Jalin Kerjasama dengan Unri
Cari Berita

Advertisement

Tingkatkan SDM Daerah, Pemkab Siak Jalin Kerjasama dengan Unri

Jumat, 21 Mei 2021


SIAK, PARASRIAU.COM - Setelah melakukan kerjasama yang dituangkan dalam penandatanganan MoU dengan Universitas Lancang Kuning untuk meningkatkan SDM daerah pada April 2021 lalu, kini Pemerintah Kabupaten Siak kembali berupaya untuk menjalin kerjasama dengan Universitas Negeri Riau.


Dalam upaya itu, Jum'at (21/05/2021) Bupati Siak, Alfedri didampingi Asisten I Setda Kabupaten Siak, Budhi Yuwono dan Sekretaris Dinas Pendidikan, Mahadar melakukan pertemuan dengan Rektor Universitas Negeri Riau, Prof Aras Mulyadi. 


Pertemuan tersebut membicarakan kerjasama kedua belah pihak dalam bentuk beasiswa unggulan bagi masyarakat Siak, terutama masyarakat kurang mampu dan aparatur pemerintah Kampung di ruang kerja Rektor Universitas Negeri Riau.


Bupati Alfedri menyampaikan beberapa hal penting terkait kebijakan yang ia ambil guna mewujudkan salah satu visi dan misi Kabupaten Siak yakni meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM).


"Program ini untuk masyarakat miskin agar dapat memperoleh pendidikan sarjana melalui beasiswa unggulan. Untuk itu, kami sangat berharap Pak Rektor berkenan membantu merealisasikan program ini," harap Alfedri. 


Pihaknya telah melakukan persiapkan seperti pendataan di 7 dari 14 Kecamatan yang ada dan akan terus dilakukan maping di seluruh kecamatan.  


Menanggapi keinginan orang nomor satu di Siak itu, Rektor Unri, Aras Mulyadi menyampaikan rasa terimakasih dan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Siak yang telah mempercayakan kampusnya sebagai salah satu tempat bagi masyarakat Kabupaten Siak menempuh jenjang pendidikan sarjana melalui program beasiswa unggulan.


"Pertama-tama saya mengucapkan terimakasih atas kehadiran Bapak Bupati beserta jajaran, terutama ucapan apresiasi kami kepada Bapak Bupati yang telah mempercayakan kami menjadi salah satu mitra program unggulan Pemkab Siak," ucapnya. 


Ia kemudian menyampaikan bahwa pada dasarnya pihaknya sangat mendukung program Pemkab Siak untuk meningkatkan SDM masyarakatnya. Oleh karena itu, hal tersebut perlu dibicarakan lebih lanjut terkait jumlah kuota dan berbagai jurusan Prodi yang dipilih.


"Pada dasarnya kami sangat setuju gagasan dan ide besar Bapak Bupati Alfedri untuk menjamin seluruh masyarakat guna mengenyam pendidikan lebih tinggi. Untuk itu, perlu kita diskusikan lebih lanjut lagi terkait berapa jumlah kuota dan pilihan Prodi yang diinginkan. Intinya kami sangat menyambut baik keinginan Bapak Alfedri," kata Aras kepada Alfedri. 


Sebelum berpisah, di kesempatan itu Bupati Alfedri menyerahkan cinderamata kepada Rektor Unri dan begitu juga sebaliknya. Usai pertemuan, Asisten I Setda Kabupaten Siak, Budhi Yuwono menambahkan, di Unri ini ada 4 jurusan. Yaitu jurusan Akuntansi, Teknik Sipil, Kedokteran dan Sastra Inggris. "Untuk kuota kedokteran ini terbatas, tapi Alhamdulillah untuk anak-anak Siak kuotanya masih ada," tutupnya. ***