Pemuda Karang Taruna Dusun Permai Indah Tetap Lestarikan Tradisi Lampu Colok
Cari Berita

Advertisement


Pemuda Karang Taruna Dusun Permai Indah Tetap Lestarikan Tradisi Lampu Colok

Minggu, 09 Mei 2021


SIAK, PARASRIAU.COM - Malam tujuh likur atau malam 27 Ramadan di Dusun Permai Indah, Kecamatan Sabak Auh, Kabupaten Siak, selalu terasa istimewa setiap tahunnya. Pemuda-pemudi dari Karang Taruna di RW 06 Sabak Permai itu tetap membuat kegiatan lampu colok meski Pemkab Siak tidak menggelar festival lampu colok karena pandemi Covid-19.


Ketua Karang Taruna Sabak Permai, Iswanto yang akrab disapa Mas Robert menyebutkan lampu colok merupakan tradisi unik di Siak. Dengan bahan lampu colok dari kaleng-kaleng bekas minuman ringan bersoda dan botol minuman yang disusun biasanya menghasilkan bentuk masjid dan bentuk lainnya sesuai tema ramadan.


"Kegiatan ini merupakan tradisi dari zaman dahulu yanh perlu kita lestarikan. Dengan adanya lampu colok di malam 27 ramadhan ini sekaligus menyambut malam lailatul koddar dan malam nuzul quran, lampu colok ini kita hidupkan dua malam.malam 27 dan malam takbir," kata Mas Robert.


Untuk mensukseskan pelaksanaan lampu colok itu, Karang Taruna dibantu dana swadaya oleh masyarakat serta perusahaan yang ada di sekitar Dusun Permai Indah ini. Untuk menghidupkan lampu colok pada awal ini dilakukan oleh Kadus, Ketua RW dan Ketua Karang Taruna. ***